Sabtu, 21 Maret 2009


Cara Membuka Email Melalui HP

Cara Membuka Email Melalui HP - Sekarang ini operator selular berlomba-lomba menarik pelanggan. Adapun trik-trik yang mereka gunakan seperti menurunkan tarif panggilan, SMS, bahkan tarif untuk mengakses GPRS. Penurunan tarif terutama pada akses internet melalui GPRS adalah sesuatu yang harus dimamfaatkan.
Komunikasi dengan dukungan GPRS di ponsel ini jauh lebih hemat dibanding komunikasi melalui telepon atau sms. Dalam entri ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengakses email melalui ponsel tanpa melibatkan personal computer (PC) sama sekali. Karena komunikasi melalui email di ponsel jauh lebih irit dan multifungsional dibanding SMS atau MMS.
Langkah pertama tentunya anda harus mengaktifkan fitur GPRS di ponsel anda. Saya mengambil contoh kartu Telkomsel dan ponsel nokia 9300i. Untuk mengaktifkan GPRS caranya sangat mudah :

  • ketik: GPRS NOKIA 9300i kirim ke 6616

Untuk setting parameter:

  • Ketik: S NOKIA 9300i kirim ke 5432

Tentu anda harus mengetik sesuai merk dan type ponsel anda.
Untuk selanjutnya setelah fitur GPRS di ponsel anda aktif, anda perlu men-download aplikasi web broser Operamini V.4.2. Aplikasi ini dapat anda download disini Setelah anda mempunyai aplikasi operamini, selanjutnya buatlah akun email yahoo melalui operamini dengan langkah sebagai berikut:

1. Masuk dengan alamat http://mail.yahoo.co.id
Anda harus membuat akun dari yahoo.co.id jangan menggunakan akun yahoo.com karena yang mendukung akses web dan penerusan POP gratis adalah yahoo.co.id. atau buat langsung akun anda disini
2. Setelah halaman yahoo.co.id terbuka anda klik menu daftar dan isikan semua data-data yang diminta.
3. Berikutnya klik Buat akunku apabila anda mengisi data secara tepat dan lengkap maka akun anda segera tercipta. Apabila masih gagal anda harus memeriksa ulang data-data yang anda isikan dan baca petunjuk yang ada.
4. Apabila registrasi akun anda telah berhasil, klik mulai menggunakan email maka halaman akun anda segera terbuka dan anda langsung memperoleh satu email dari yahoo.
5. Selanjutnya anda klik Opsi pada menu atas. Alangkah baiknya anda mengubah tampilan operamini ke ''desktop view'' jangan menggunakan ''mobile view'' agar tampilan menu menjadi lengkap. Ubahlah melalui menu setting di Operamini dengan tidak memberi tanda centang pada ''mobile view''
6. Setelah klik opsi berikutnya klik Akses web&penerusan POP
setelah halaman ini terbuka tandai menu akses web&penerusan POP
tandai juga saya tidak ingin menerima pesan yang dianggap SPAM oleh spamguard hal ini penting karena anda akan mengakses email melalu ponsel.
7. Terakhir jangan lupa klik simpan perubahan yang artinya sekarang anda bisa mengakses email melauli POP3.

Sebenarnya setelah proses ini selesai anda telah dapat mengirim dan menerima email melalui web pada operamini. Terlebih dahulu anda harus login di http://mail.yahoo.co.id dan mengikuti petunjuk yang ada. Tapi mengirim dan menerima email melalui web atau operamini di ponsel mempunyai banyak kekurangan. Diantaranya biaya akses GPRS agak mahal dan anda juga akan kesulitan mengirim ''attachments'' yang tersimpan di ponsel anda.
Cara yang paling efisien yaitu mengirim dan menerima langsung melalui ponsel layaknya seperti mengirim dan menerima SMS/MMS. Namun terlebih dahulu anda harus membuat setting pada pengaturan pesan di ponsel anda. Saya akan memberi contoh setting dengan menggunakan ponsel nokia 9300i.

1. Masuk ke menu control panel pilih messaging dan create new account.
2. Isi data-data yang diminta, seperti :

  • E-mail account name : Yahoo Mail
  • My name : Nama anda
  • Username : (id anda)misalnya email anda (batu_bara@yahoo.co.id) maka isikan dengan (batu_bara)
  • Password : (pasword email anda)
  • My Email address : (alamat email anda) misal (batu_bara@yahoo.co.id)
  • Internet akses : (jalur akses yang anda pilih) misal (Telkomsel GPRS)
  • Email account type : POP3
  • Outgoing email server : smtp.mail.yahoo.co.id
  • Incoming email server : pop.mail.yahoo.co.id
  • Use SMTP authentication : Yes
  • Incoming port : 995
  • Outgoing port : 465

Untuk ponsel nokia 9300i saya cuma menggunakan settingan diatas dan hasilnya saya bisa mengirim dan menerima email langsung dari ponsel. Untuk mengecek apakah ada email yang masuk tekan ''retrieve''. Menggunakan email di ponsel jauh lebih irit dibanding menggunakan SMS atau MMS. Apabila anda menggunakan paket Flash dari Telkomsel setiap anda mengirim file sebesar 1Kb klu dihitung pulsa anda hanya terpakai Rp.0,5- contohnya apabila Anda mengirim image sebesar 50KB maka pulsa anda yang terpakai sekitar Rp.25,- sementara klu anda mengirimnya melalui MMS pulsa anda terpotomg Rp.1000,-
Sekian informasi saya semoga bermamfaat bagi kita semua.


Salam : Basri Tamang

3 komentar:

Anonymous mengatakan...

bos,pada 9300 ada kolom
SMTP USER NAME : ( user namenya apa?)
SMTP PASSWORD : ( passwordnya apa? )
untuk masukin INCOMING PORT & OUTGOING PORTnya Di bagian mana ?
yang ada cuma :
Outgoing email server : saya isi > smtp.mail.yahoo.co.id
Incoming email server : saya isi > pop.mail.yahoo.co.id
semua sesuai petunjuk bos.untuk retrieve sich sukses,
tapi untuk Sendingnya failed terus bos.
ada solusi g bos ?
Btw,saya pake SimCard AXIS bos.
please repply to my email
thanks a lot....

Basri Tamang mengatakan...

Anda tidak mencantumkan alamat email jadi saya jawab disini saja.

Kalau semua data sudah di isi dengan benar pada ponsel. kemungkinan masalah pada pada setting penerusan POP nya.
Dan pastikan juga email anda menggunakan co.id bukan com.

Untuk cara setting penerusan POP sendiri sudah saya jelaskan lewat artikel diatas.

Mail mengatakan...

Info yang sangat bermamfaat, terima kasih !

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus