Kamis, 07 Mei 2009


Profile Desa Pucak

Desaku Desa Pucak...

Desa Pucak adaIah sebuah Desa yang berada di Kecamatan TompobuIu kabupaten Maros Sulawesi seIatan. Jarak dari kota Maros kurang lebih 20 km. dan jarak dari kota Makassar kurang lebih 40 km. Perjalanan menuju Desa ini dapat diakses melalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Apabila anda melakukan perjalanan dari kota Makassar, anda bisa melalui dua jalur yang biasanya dilalui penduduk desa menuju dan dari kota Makassar yaitu yang pertama jalur BTP ( Bumi Tamalanrea Permai ) menuju kecamatan Moncoloe terus ke Kecamatan Tompobulu dimana tempat Desa Pucak berada.
Yang kedua melalui terminal Batangase menuju wilayah Kecamatan Mandai, Tanralili dan Tompobulu. Untuk perjalanan dari Kota Maros, selain melalui terminal Batangase juga bisa melalui terminal Maccopa menuju Kec Tanralili dan Tombobulu.
Tapi kondisi jalan dari semua jalur ini msih sangat memperihatinkan. Namun demikian masih dapat dilalui hampir semua jenis kendaraan roda dua dan empat.
Suku yang menghuni Desa Pucak ada dua yakni Bugis dan Makassar. Dimana suku Bugis merupakan pendatang dan suku makassar merupakan penduduk asli Desa ini. Pusat adatnya atau tanah tertua menurut kepercayaan masyarakat berada pada pada suatu lokasi yang tidak begitu luas yang dinamai TANRALILI.
Lokasi inilah yang dijadikan sebagai pusat kegiatan adat masyarakat setempat karena wilayah tersebut di percayai sebagai tanah tertua dan merupakan tempat Karaeng ( gelar bangsawan Makassar ) yang dulu memerintah. Adapun kepercayaan masyarakat setempat boleh dikata 100% beragama Islam.

Secara umum kondisi ekonomi masyarakat tergolong menengah kebawah dimana 90% mata pencaharian penduduknya ialah petani 10% diantaranya pedagang, PNS dan lain-lain.
Yang istimewa di Desa ini yaitu terdapat beberapa objek wisata, walaupun blum terlalu dikenal.
Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan ialah Pucak Teaching Farm ( PTF ).

Image and video hosting by TinyPic
Gambar: Kolam Renang PTF

Objek wisata ini dikelola oleh mantan Gubernur Sul-Sel HZB Palaguna, luasnya kurang lebih 50 ha².
Didalamnya di sediakan beberapa fasilitas seperti kolam renang, Villa, wisma, Aula pertemuan, Taman burung, aneka satwa langkah dan lain-lain.
Tempat ini sangat multi fungsional.
bisa digunakan sebagai tempat penelitian, tempat pertemuan organisasi dan lain-lain. Lokasi ini sangat ramai pengunjung di hari-hari libur.
Lokasi yang kedua yaitu Taman Safari yang luasnya ratusan ha. Lokasi ini dibangun di masa pemerintahan Soeharto, dan pada tahun 1998 ketika Soeharto tidak menjabat president lagi pembangunannya pun berhenti. dan pada tahun 2006 pembangunannya kembali dilanjutkan sedikit demi sedikit dan diubah namanya menjadi Kawasan Agrowisata Pertanian. sampai sekarang pembangunan lokasi ini belum kelar.
itulah sedikit gambaran mengenai Desa Pucak apabila anda ingin melihat langsung, silahkan berkunjung ke Desa yang indah dan mempunyai penduduk yang ramah ini.
Tapi ingat satu hal bagi anda yang suka berkunjung ketempat lain atau berwisata, anda perlu memahami makna pepatah ynag berbunyi " Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung "

Salam : Basri Tamang

6 komentar:

Anonymous mengatakan...

MANTAB BRO. . .
TANRALIILI IS THE BEST HAHAHA... :D

Basri Tamang mengatakan...

Thanks atas komentnya bro :)

Anonymous mengatakan...

:D penasaran mau ke sini,, pernah sih cuma sekdar lewat dan mlihat papan namanya,,
yyaaa minggu depan pasti sya ke sana. AMIN

Basri Tamang mengatakan...

Ok, silahkan....mudah-mudahan terwujud :)

Anonymous mengatakan...

sy mau jln2 ksna, bs ga minta no hpx

Basri Tamang mengatakan...

Add facebook saja..
http://www.facebook.com/tenriewa

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus