Minggu, 27 Desember 2009


Cara Dan Trik Meningkatkan Traffic Blog Pada Mesin Pencari

Cara Dan Trik Meningkatkan Traffic Blog Pada Mesin Pencari - Sebenarnya untuk menulis artikel ini saya merasa agak ragu karena saya merupakan pendatang baru di blogger dengan pengetahuan yang sangat minim. Bahkan blog yang saya buat ini sepenuhnya dibuat oleh ponsel, oleh karena itu sebelumnya saya menggunakan judul Ponsel Dan Internet walaupun sebagian artikel saya ada yang tidak berhubungan dengan judul. Kenapa akhirnya saya menerbitkan artikel ini, karena maksud saya hanya sekedar berbagi denga apa yang saya alami. Saya lebih senang menulis artikel berdasarkan pengalaman dibanding berdasarkan apa yang saya baca yang sifatnya masih opini.
Berbicara mengenai SEO (search engine optimization) atau mengoptimalkan blog pada mesin pencari, jujur saya tidak terlalu mengerti. Dan kalau anda melakukan pencaharian di google anda akan menemukan beragam cara untuk meningkatkan rangking blog di mesin pencari atau istilah kerennya disebut SEO. Dari beragam artikel ada yang sulit diterapkan ada juga yang mudah.
Sebagai seorang blogger pemula, merupakan suatu kebanggaan tersendiri apabila artikel yang kita buat dibaca orang lain walaupun tidak ada materi yang kita peroleh dari situ. Oleh karena itu kita perlu berupaya menghadirkan artikel kita minimal ada pada halaman pertama mesin pencari. Sebagai pemula metode yang saya terapkan pun sangat sederhana. Menurut saya tidak ada cara lain untuk menaikkan SEO kalau blog anda jarang di kunjungi. Jadi sebagai pemula kita harus berpromosi secara manual karena tidak mungkin sebuah blog baru akan langsung berada pada halaman utama. Dan buatlah artikel yang berkualitas bukan hasil copas.
Adapun cara otomatis yang bisa digunakan adalah dengan mengikuti cara saya. Itu kalau anda mau karena blog saya sendiri mungkin belum tampak di halaman utama tapi silahkan lihat sendiri.

Cara yang saya maksud adalah " Memasang link atau tag URL artikel anda pada widget yang akan akan muncul di setiap halaman ". Anda dapat memberi judul " Daftar Isi Blog " atau apaun sesuai selera anda. (Contoh : Lihat pada pojok kanan atas blog saya)
Kegunaan mencantumkan daftar isi di halaman depan sangat besar dan ini berdasar pada fakta. Faktanya adalah kebanyakan orang yang melakukan pencaharian informasi di internet adalah pengguna atau orang baru. Sebagai seorang pengguna mereka tidak suka akan hal-hala yang ribet. Dan satu lagi, kebanyakan mereka adalah pengguna ponsel dengan browser Operamini. Jadi para pengguna ini perlu kita jamu dengan baik, perhatikan tampilan blog anda di ponsel.

Dengan memasang daftar isi ada beberapa mamfaat yang akan diperoleh seperti :

» Disaat ada seseorang yang membuka salah satu artikel anda, maka dengan mudah dia akan melihat isi blog anda yang lain. Tanpa daftar isi mereka akan malas mengetik home atau posting lama.

» Dengan memasang link setiap artikel anda maka ketika salah satu artikel dibuka maka artikel lain yang terpasang linknya di daftar isi rangkingnya akan naik juga. (Kurang lebih metodenya seperti dengan tukaran link)

» Semua artikel anda akan memiliki peluang besar untuk dibuka dan dibaca (sangat berpengaruh pada SERP).

Mengenai cara memasang daftar isi, mungkin ada banyak cara. Tapi yang saya ketahuai ada 3 cara yaitu :

» Dengan menggunakan script menu drop own.
Cara ini memang agak rapi karena tidak memuat banyak halaman. Tapi kenapa saya tidak menggunakan cara ini, alasannya karena menu ini akan ribet digunakan oleh para pencari info di internet.

» Dengan menggunakah script scroll.
Cara ini lumayan banyak digunakan oleh blogger senior. Tampilannya sangat mudah dimengerti karena semua judul artikel kita akan tampil berupa daftar kebawah. Tapi kekurangannya, disaat blog kita dibuka melalui operamini pada ponsel. Daftar isi pada blog kita akan terpotong atau tidak tampil semua. Sementara blog kita paling banyak dibuka melalui operamini.

» Dengan mencantumkan daftar link melalui gadget
Kenapa saya menggunakan cara ini, karen cara ini cukup mudah. Dan hasilnya mudah dimengerti oleh pengguna internet. Dilihat melalui browser ponsel ataupun PC tampil lengkap semuanya.

Caranya adalah : silahkan login » klik tata letak » Klik elamen halaman » klik tambah gadget (pada posisi yang anda inginkan) » Lalu klik " Daftar Link " Sampai disini isi kolom yang ada sperti :

- Judul : Daftar Isi
- Jumlah tautan yang akan diperlihatkan : Biarkan kosong
- Menyortir : Jangan di urutkan
- URL situs baru : Masukkan Link atau tag URL artikel anda disini
- Nama situs baru : Masukkan judul artikel anda

Selanjutnya klik "tambahkan tautan" dan klik "simpan".
Silahkan tambahkan satu-satu judul artikel anda setiap menerbitkan artikel baru.
Sampai disni sudah selesai, semoga apa yang saya tulis bermamfaat bagi anda.

Silahkan dicoba !

Salam : Basri Tamang

7 komentar:

Wawank on 28 Desember 2009 15.27 mengatakan...

Kalo lewat hp, ada gak cara_y untuk liat shoutmix!

Basri Tamang mengatakan...

Ada bos, gunakan operamini modif v.3.11 atau pake aplikasi bolt. Tapi mending ganti shoutbox bro......tampak stabil di semua aplikasi web browsing

general business on 6 Mei 2010 23.40 mengatakan...

wah... ilmunya bermanfaat buat saya juga nih sebagai pemula. Terima kasih yah

Basri Tamang mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya di blog saya, saya akan berkunjung balik ke blog anda !!!

sepatu-sandal on 8 Oktober 2010 14.36 mengatakan...

thanks infonya.....

Basri Tamang mengatakan...

Sama-sama, thanks atas kunjungannya

Download Google Googles on 25 Oktober 2010 11.10 mengatakan...

wah, bagus banget artikelnya, sedot dulu ilmuya !!!

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus