Rabu, 28 April 2010


Cara Mengatasi Koneksi Internet Yang Sering Terputus

Cara Mengatasi Koneksi Internet Yang Sering Terputus - Disconnect (DC) atau koneksi terputus adalah masalah yang sering dihadapi khususnya bagi kita yang menggunakan koneksi dengan modem dial up. Penyebabnya bisa disebabkan karena banyak faktor, seperti : masalah pada modem, masalah pada driver modem, masalah pada komputer, dan paling banyak adalah masalah pada kualitas sinyal provider yang kita gunakan. Apa yang akan saya tuliskan kali ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Saya menggunakan modem CDMA merk Venus vt-12, berhubung jenis modemnya adalah unlock maka bisa digunakan untuk beberapa kartu CDMA seperti flexy, starone, fren, dan esia. Karena lokasi saya berada jauh dari perkotaan maka kualitas sinyal sangat memprihatinkan.
Awalnya saya menggunakaTautann kartu flexy dengan berlangganan paket unlimited bulanan. Awal menggunakan saya merasa cukup puas karena kecepatannya walaupun tidak terlalu cepat tapi sesuai dengan harganya yang relatif murah. Masalah yang ada adalah setiap kali koneksi berjalan selama 60 menit maka sering kali terputus. Saya berpikir mungkin ini adalah kesengajaan dari pihak provider. Tapi ternyata masalah terputus setiap 60 menit ini tidak banyak yang mengalami, entah apa penyebabnya.
Selanjutnya saya mencoba mengganti simcard ke operator lain yaitu starone. Hasilnya speed starone lebih baik dari flexy bahkan bisa dibilang lebih memuaskan. Karena harga berlangganannya lebih murah dari flexy maka saya memutuskan untuk berlangganan starone tentunya dengan memilih paket unlimited bulanan. Pemakaian starone ternyata juga memiliki hambatan, yaitu koneksi sering terputus (DC) pada waktu-waktu tertentu. Kadang bertahan sampai berjam jam lamanya tapi kadang juga hanya dalam hitungan menit. Bahkan pernah kejadian setiap kali quota mencapai 1 MB langsung DC. Kejadian ini sangat menyebalkan dan membuat semua kerjaan yang menggunakan koneksi internet jadi tertunda. Untuk mencari permasalahannya saya mencoba meminjam modem milik teman merk Venus vt-18 versi lama (belum support EVDO). Hasilnya ternyata persoalan DC yang sering terjadi menjadi berkurang, saya jadi bertanya-tanya kira-kira dimana masalahnya karena kalau menggunakan simcard yang lain hasilnya juga berbeda. Dan yang parahnya setiap akses quota 1 MB koneksi terputus.
Berhubung jenis modemnya bisa melakukan panggilan telepon maka saya mencoba sharing permasalahan yang saya alami dengan menghubungi operator starone. Saya dianjurkan untuk mencoba mengubah pengaturan jaringan ke maksimum speed menjadi 115200 bps. Untuk mengubah pengaturan tersebut silahkan klik :

1. star
2. Control Panel
3. Network Conections
4. klik kanan koneksi dial-up yang anda gunakan.
5. klik propertis

Setelah klik propertis disini kita dapat mengubah maksimum speed ke nilai yang kita inginkan.

1200 bps
2400 bps
4800 bps
9600 bps
19200 bps
38400 bps
57600 bps
115200 bps
230400 bps
460800 bps
921600 bps

Alasan pihak operator meminta saya mengubah maksimum speed ke 115200 karena maksimum speed yang dijanjikan starone adalah 153,6 kbps. Jadi nilai maksimum yang mendekati adalah 115200 bps. Setelah mengubah pengaturan speed ternyata sama sekali tidak terjadi perubahan bahkan semakin parah. Selanjutnya saya mencoba mengubah ke maksimum speed 19200 lalu restart komputer , ternyata pada posisi ini DC nya jadi berkurang walaupun belum sesuai dengan harapan. Tapi jauh lebih baik dari sebelumnya.
Jadi bagi teman-teman yang memiliki permasalahan yang sama mungkin boleh mencoba mengganti maksimum speed ke angka manapun dan liat hasil pengaturan maksimum speed yang lebih stabil . Setelah mengubah maksimum speed komputer anda harus di restart dulu agar settingannya optimal.

Salam : Basri Tamang

6 komentar:

Indra on 4 Mei 2010 04.11 mengatakan...

sipp....
q jga pke yg da sinyal evdonya neh sob
tenkyu infonya

Basri Tamang mengatakan...

Modemnya evdo terus pake kartu apa bro ?
speed dapat berapa ?
penasaran mau nyoba evdo...mudah-mudahan sinyal evdo dari smart atau fren mobi ada yang mampir di tempat saya.

harutaka on 25 Mei 2010 19.08 mengatakan...

Untuk starone yang sering disconnect saya punya solusinya, dan ini berhasil, silahkan lihat di:
http://hari2day.blogspot.com/2010/05/trik-mengatasi-internet-starone-yang.html

Basri Tamang mengatakan...

Thanks bro atas infonya, kebetulan saya juga habis buat artikel baru tentang itu dan ternyata sudah ada yg nulis duluan :D

Anonymous mengatakan...

bos aq pke modem CDMA 2000x1 modem VT-18,pke krtu starone jg,,3blan yg lalu jaringanx jrg terputus N aq srg maen game,tp entah knp skrg jaringanx terputus trus bka game pun dahga bs gr2 terputus trus,,,tlg ksih saran,,,aq bgg modemx yg rusak ato krtux yg mank error

Basri Tamang mengatakan...

Anonim : Coba anda baca disini bos http://www.tenriewa.co.cc/2010/06/mengatasi-koneksi-starone-yang-sering.html

Siapa tau bisa jadi solusi, Kalau belum berhasil anda bisa posting koment lagi.
Terima Kasih :)

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus