Minggu, 05 September 2010


Cara Backup Otomatis Wordpress

Cara Backup Otomatis Wordpress - Karena saya sudah mulai belajar ngeblog di WordPress maka catatn pribadi saya pada blog ini mulai membahas tentang dasar-dasar WordPress. Untuk para pengguna WordPress, salah satu yang sangat penting kita lakukan adalah membackup data base file-file dari blog kita. Ada beberapa hal yang menyebabkan kita harus melakukan backup data base. Contoh yang paling banyak terjadi yaitu ketika server pada hosting kita mengalami down atau bahkan tutup. Kalau kita tidak pernah melakukan backup maka blog yang selama ini kita kelola akan hilang tanpa bekas. Tentu hal ini tidak kita inginkan apalagi kalau traffic blog kita sudah cukup bagus.
Hal lain yang patut kita pertimbangkan adalah gangguan para hacker yang bertujuan merusak blog kita. Kalau sifatnya masih deface hal ini masih mudah diatasi dengan melakukan restore dari data base yang pernah kita backup.

Untuk melakukan backup sebenarnya sangat mudah, anda bisa melakukan dengan cara manual atau otomatis.
Karena cara manual cukup menyita waktu buat orang malas seperti saya maka lebih baik menggunakan cara otomatis dengan bantuan plugin yang namanya WP-DB-Backup.

Caranya download terlebih dahulu pluginnya disini atau bisa langsung disini

Setelah anda download login ke wp-admin terus klik menu “plugins”


Klik “Add New”



Klik “Upload”



Silahkan upload plugin tadi dalam format zip. Setelah upload selesai jangan lupa melakukan “Activate Plugin”

Selanjtunya klik menu “tools” dan pilih “backup”



Untuk uji coba kita dapat melakukan backup manual dengan mengklik menu “Backup Now” pada bagian “Backup Options”
Pilih email backup to dan klik backup now. Kalau pluginnya bekerja maka file data base anda akan terkirim ke email yang dicantumkan.



Untuk cara backup otomatis, lakukan setting pada “Scheduled Backup” disini terdapat beberapa pilihan diantaranya :

- Never
- Once Hourly
- Twice Daily
- Once Daily
- Once Weekly



Silahkan anda pilih jadwal backup yang anda inginkan, kalau anda mengupdate blog tiap hari saya sarankan pilih “Once Daily” tapi semua tergantung selera.
Terakir klik tombol “Schedule Backup” seperti pada gambar diatas.

Salam : Basri Tamang

0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus