Selasa, 28 September 2010


Membuat Email Sendiri Dengan Domain Co.Cc

Selain kita bisa membuat email dengan domain sendiri dari domain berbayar seperti .com, .net, .org, .biz dan lain-lain sebenarnya kita juga dapat membuat email dengan domain gratisan dari co.cc. Cara dan proses settingnya tidak jauh berbeda dengan cara yang saya tuliskan sebelumnya untuk setting email dengan domain sendiri disini.
Untuk membuat email google apps dengan domain sendiri mengunakan domain co.cc ada dua cara. Cara pertama adalah dengan settingan dari dashboard domain co.cc . Sedangkan yang kedua kita mengunakan Domain servis sendiri yaitu dengan mengatur zone record di dashboard co.cc.

Langkah pertama silahkan buka alamat ini http://www.google.com/a/cpanel/domain/new

Setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini tandai "Administrator: I own or control this domain" lalu isikan nama domain anda pada kolom yang tersedia dan klik "Get Strated".



Selanjutnya isikan data-data seperti pada gambar dibawah ini :

Sesudah itu pada paling bawah halaman ini kita click tombol Saya setuju. Lanjutkan ke konfigurasi. Kemudian kita akan membuat account email untuk administrator google apps. Isi dengan lengkap account ini. Account ini nantinya yang akan mengelola google apps.

Kemudian click tombol yang ada dan kita akan menuju halaman dashboard google apps. Namun aplikasi – aplikasi yang ada belum bisa kita gunakan. Kita harus menverifikasi kepemilikan domain kita dengan clik Verivikasi kepemilikan domain
Kemudian kita akan menuju halaman untuk verifikasi domain .co.cc kita. Ada dua pilihan verifikasi kepemilikan domain yaitu dengan mengupload file .html dan mengubah cname. Kita akan menggunakan pilihan yang ke 2. Pilih Ubah CNAME record anda, lalu akan muncul informasi untuk kode verifikasi domain kita


Apabila kita menggunakan domain kita sebagai domain utama (seperti halnya tenriewa.co.cc) kita perlu mengunakan domain servis sendiri. Kita biasanya menggunakan domain servis yang telah di setting oleh pihak hosting yaitu dengan memasukkan name server yang telah di berikan oleh pihak hosting. Misalnya ns1.hosting.com dan ns2.hosting.com Namun kalau kita setting zone record selain NS kita juga harus tahu A record untuk server hosting kita. Nah untuk mengetahui DNS record hosting yang kita pakai bisa kita chek di http://www.who.is Nah di halaman who.is kita masukkan alamat blog atau website kita dan pada pilihannya kita pilih DNS record.

Saya anggap anda semua telah paham mengenai setting DNS record untuk domain agar domain anda mengarah ke hosting yang digunakan.
Maka langkah selanjutnya untuk menggunakan email google dengan domain.co.cc adalah verifikasi kepemilikan domain dengan membuat CNAME record. Untuk itu di dashboard co.cc kita pilih zone record dan memulai membuat CNAME record. Masukkan sesuai dengan gambar di bawah. untuk Host kita masukkan kodeverifikasi.namasitusmu.co.cc type pilih CNAME dan value masukkan google.com

Kemudian setelah itu kita perlu juga memasukkan MX record agar domain.co.cc kita bisa kita gunakan sebagai domain email kita. Cara membuat MX record adalah sama dengan cara membuat CNAME untuk MX record ada 7 record yang harus kita buat. Gambar di bawah adalah list record yang harus kita masukkan. Masukkan semua sesuai dengan urutan. Host masukkan namasitusmu.co.cctype pilih MX dan prioritas sesuai daftar, sedangkan value masukkan alamat server MX termasuk juga tanda titik (.)

Masukkan kode diatas pada MXrecord domain anda dan hasilnya seperti ini :



Mudah-mudahan bermamfaat !

Salam : Basri Tamang

3 komentar:

sang on 13 November 2010 00.17 mengatakan...

:(( gak bisa googlenya gak kenal :(( apa ada cara lain..? :-o mohon bantuannya.. :) maklum saya masih newbie..

Basri Tamang mengatakan...

Saya mengikuti instruksi diatas emailnya bisa jadi....

2yoemt on 30 November 2010 06.12 mengatakan...

Wah Ribet Ya

COba Posting AHhhhhh

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus