Minggu, 26 September 2010


Pilih Blogspot, Wordpress Atau Joomla

Pilih Blogspot, Wordpress Atau Joomla - Setelah membahas tentang apa tujuan menciptakan sebuah blog dan cara mendapatkan uang dari internet, Ada satu pertanyaan lagi yang sering ditanyakan oleh teman-teman yang mulai menjadi seorang blogger yaitu :

  • Pilih blogspot, wordpress atau joomla ?

Lagi-lagi ini adalah pertanyaan yang tidak mudah untuk dijawab karena masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Dan mungkin tanggapan setiap orang berbeda-beda.
Pertama blogspot, blog yang paling banyak bertebaran di search engine sekarang adalah blogspot. Baik yang menggunakan domain bloggspot.com atau domain berbayar dan gratisan yang lain. Untuk kelebihannya, saya mengangaap blogspot adalah layanan blog yang paling mudah digunakan. Dengan sedikit kemauan untuk belajar dijamin kita bisa mempunyai sebuah blog dari blogspot. Untuk tampilan dan template nya juga banyak tersedia secara gratis dan terdiri dari berbagai macam jenis.
Kekurangannya menurut paras Master adalah tidak SEO friendly. Kita harus banyak belajar dan bekerja untuk menerapkan tehnik SEO yang baik pada blogspot.
Tapi untuk saya pribadi, saya masih bertanya-tanya kenapa blog-blog yang ramai pengunjung seperti beberapa blog paras master justru yang menggunakan layanan blogspot ?
Kalau tidak percaya silahkan cari di google dengan keyword “Daftar Blog Terbaik Di Indonesia”
Hasilnya adalah beberapa blog yang mayoritas menggunakan jasa blogspot.

Yang kedua adalah wordpress, jenis blog dari wordpress ada dua yaitu wordpress gratisan di wordpress.com yaitu blog-blog yang mempunyai domain http://namadomain.wordpress.com dan blog yang menggunakan CMS di wordpress dimana menggunakan domain dan hosting baik itu gratis dan berbayar.
Yang akan saya bahas adalah blog dengan CMS wordpress pada wordpress.org,.
Dari tingkat kesulitan, saya sebagai pemula menganggap wordpress lebih sulit dari pada blogspot. Tingkat kesulitan menggunakan CMS wordpress hampir sebanding dengan CMS joomla.
Kelebihannya menurut para master blogger adalah lebih SEO friendly. WordPress banyak dilengkapi plugin-plugin untuk SEO. Menggunakan CMS wordpress menurut saya adalah layanan blog yang sebenar-benarnya. Dibilang mudah atau sulit masalahnya hanya ada pada kita mau mencoba atau tidak.
Untuk kekurangan saya tidak tau selain menyebutnya lebih sulit dari blogspot dan masih kurang powerfull dibanding CMS Joomla.

Yang ketiga adalah CMS joomla, Sebenarnya Joomla ini lebih disenangi orang-orang yang ingin membuat sebuah tamplian website. Alasannya Joomla memiliki extensi yang lengkap seperti blog, forum, socialnetworking, chatting, portal, toko online, web lelang dll.
Dan menurut saya menggunakan CMS Joomla lebih sulit dari pada CMS wordpress. Untuk kekurangan yaitu belum tersedia banyak template yang gratisan dan lebih ribet digunakan. Masalah security juga seringkali dipermasalahkan karena lebih mudah ditembus hacker.

Kesimpulan : Apabila anda masih seorang pemula seperti saya, saya anjurkan mulai belajar dari blogspot dahulu terus ke wordpress atau joomla. Jangan mengaku sebagai seorang blogger kalau tidak paham tentang blogspot. Untuk melangkah wordpress atau joomla tergantung kebutuhan anda. Kalau bisa dua-duanya itu jauh lebih baik.


0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus