Rabu, 20 Oktober 2010


Cara Mengembalikan Dan Memulihkan Akun Facebook Yang Kena Hack

Cara Mengembalikan Dan Memulihkan Akun Facebook Yang Kena Hack - Saya yakin hampir semua pembaca blog ini merupakan pengguna facebook. Dengan memiliki akun facebook banyak hal positif yang dapat kita peroleh. Banyak orang-orang yang memamfaatkan facebook untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk bisnis.
Facebook memang sangat fenomenal, sejak kemunculan facebook pengguna internet di dunia melambung sangat tinggi. Banyak orang yang mengenal internet berawal dari facebook bahkan terpaksa belajar internet demi facebook.
Tentu saja ini merupakan hal positif terutama buat pebisnis online. Dengan banyaknya pengguna internet maka apa yang kita tawarkan di internet lebih banyak memperoleh tanggapan.


Banyaknya pengguna internet ini juga dimamfaatkan sebagian orang untuk berbuat hal-hal negatif seperti yang sering kita dengar pemberitaannya. Sebagaimana di dunia nyata, kejahatan di dunia maya pun sangat beragam.
Salah satu bentuk kejahatan dunia maya yang harus kita waspadai adalah tindakan pencurian dan pengrusakan akun yang biasa disebut (HACK).
Saya seringkali mendengar beberapa orang pengguna facebook yang mengaku akunnya terkena hack. Untuk menghindari hal ini saya punya sedikit tips yang bisa anda baca pada artikel saya sebelumnya disini.
Tips tersebut mungkin tidak sepenuhnya menjamin kemanan karena tingkat pengetahuan hacker berbeda-beda. Tapi setidaknya akun anda tidak semudah itu terkena hack.

Lalu bagaimana apabila akun facebook kita terlanjur terkena hack ?
Apakah masih bisa dipulihkan ?

Kalau sudah terlanjur terkena hack, proses pemulihannya tergantung seberapa parah tingkat pengrusakan akun anda. Saya tidak berani menjamin akun anda akan kembali utuh.
Namun masih ada sedikit cara yang bisa membantu.

Kalau anda membaca artikel saya tentang "Tips Menjaga Agar Akun Facebook Tidak Terkena Hack" disitu saya menuliskan kalau akun paling vital adalah email. Kalau akun email anda terkena hack maka semua akun lain yang menggunakan email tersebut bisa terkena hack semua.
Tapi kalau yang terkena hack hanya sebatas akun facebook saja maka proses pemuliahnnya dapat melalui pilihan "forgot pasword" pada halaman utama (dengan catatan akun anda tidak diganti emailnya).
Tapi kalau yang terkena hack adalah email anda maka tipis kemungkinan akun anda bisa pulih.
Yang pertama kita lakukan adalah merebut kembali akun email kita.
Caranya yaitu melalui email primary (kalau belum diganti).
Atau melalui metode menjawab pertanyaan keamanan (kalau jawabannya belum diganti).
Kalau jawabannya telah diganti, sebenarnya masih ada cara yaitu memilih opsi "Ini Bukan Pertanyaan Kemanan Saya"
Setelah itu lanjutkan dengan menggunakan pertanyaan anda sebelumnya.

Jadi hal yang perlu kita lakukan untuk keamanan adalah mengingat pertanyaan kemanan kita dan jawabannya.

Saya tekankan sekali lagi, tidak ada jaminan akun anda bisa kembali karena tergantung sejauh mana tingkat pengrusakan terhadap akun anda.
Tips yang saya tuliskan adalah merupakan cara umum yang sudah banyak diketahui orang-orang. Tapi bagi yang belum mengetahui mudah-mudahan apa yang tuliskan bisa membantu.

Salam : Basri Tamang

0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus