Sabtu, 16 Oktober 2010


Cara Terbaik Meningkatkan Rangking Alexa

Cara Terbaik Meningkatkan Rangking Alexa - Setelah browsing kesana kemari untuk mencari informasi seputar cara meningkatkan traffic alexa, saya melihat ada banyak sekali cara yang dituliskan oleh para blogger. Cara tersebut ada yang sulit diterapkan, ada yang beresiko tinggi, ada yang sedikit tidak masuk akal dan lain-lain.
Itulah pendapat para sahabat-sahabat blogger kita yang tentunya berdasar pada pengalaman masing-masing. Setiap orang pasti mempunyai cara dan pendapat sendiri yang boleh jadi berbeda dengan pendapat orang lain atau bahkan bertolak belakang antara yang satu dan yang lain.
Seperti halnya apa yang saya tuliskan kali ini boleh jadi tidak sesuai dengan pendapat orang lain. Tapi itulah sedikit seni dunia blogger. Dengan adanya perbedaan pendapat maka diskusi akan tercipta. Kalau apa yang kita tuliskan disetujui oleh semua pembaca maka komentar yang ada paling seperti ini :

"Betul Banget"
"Saya setuju"
"Terima atas infonya"

Kira-kira seperti itulah, jadi tidak tercipta suatu diskusi dan adu argumentasi.
Ok, sampai disini dulu pembukaannya, saya langsung saja pada pokok pembahasan yakni "Cara terbaik meningkatkan rangking alexa".

Kenapa saya menggunakan judul "Cara Terbaik" ?, Bukan cara cepat, Boster Alexa atau yang lain ?

Ya...karena menurut saya cara yang saya tuliskan adalah cara terbaik, namun bisa jadi bukan cara yang cepat.

Pertama saya ingin bertanya dahulu :

  • Dari mana kita melihat keberhasilan suatu blog ?

Kalau jawaban dari saya sendiri seperti ini :

1. Dari banyaknya kunjungan.
2. Dari taraffic alexa.
3. Dari PageRank
4. Dari penghasilan (income) pemiliknya.

Untuk ponit ke-4 untuk sebagian blogger mungkin tidak dijadikan suatu tujuan.
Tapi untuk point pertama pasti semua blogger menginginkan disusul point kedua dan ketiga.

Untuk saya sendiri yang paling saya harap dari blog adalah banyaknya pengunjung, untuk Alexa Rank dan PageRank itu urusan selanjutnya walaupun antara point 1-3 ibarat suatu lingkaran setan yang saling mempengaruhi satu sama lain. (pendapat tentang lingkaran setan ini sebenarnya sudah mulai saya ragukan karena saya sering menemui situs yang memiliki alexa rangking yang sangat bagus [dibawah 100.000] namun pengunjungnya tidak tembus 100 visitor perhari)

Apabila demikian maka saya kembali bertanya.

  • Pilih mana antara pengunjung yang banyak atau Ranking Alexa Yang kecil ?

Kalau saya pasti memilih pengunjung yang banyak karena apabila kita memiliki banyak pengunjung maka ranking alexa perlahan-lahan pasti akan mengecil. Sedangkan Ranking Alexa yang kecil belum tentu bisa membawa banyak pengunjung (Contoh : Pada beberapa blog yang tidak relevan kalau saya sebutkan).

Dari pembahasan diatas maka saya simpulakn bahwa "Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Rangking Alexa Adalah Memperbanyak Kunjungan Ke Blog Kita".
Biarkan alexa menilai blog kita sebagaiman mestinya. Tidak perlu menggunakan cara-cara aneh dan kadang beresiko. Karena tingkat keberhasilan suatu blog dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan.

Untuk cara menambah kunjungan pada blog anda dapat anda baca pada kedua artikel saya yang berjudul "Cara Terbaik Meningkatkan Traffi Blog Pada Search Engine" dan yang kedua adalah "Cara Menulis Artikel Yang Disukai Seacrh Engine"
Mudah-mudahan kedua artikel ini bisa membantu anda.

Kembali pada alasan kenapa saya menilai tingkat keberhasilan blog ada pada banyaknya kunjungan maka saya akan memberi sedikit gambaran.

Misalnya sebuah blog dengan alexa rank 100.000 dengan jumlah kunjungan dibawah 100 visitor perhari (ada beberapa blog dengan traffic seperti ini yang pernah saya temuai). Blog ini bergabung pada sebuah program PPC (Pay Per Click) maka berapa potensi klik banner PPC dalam sehari yang bisa dicapai ?
Jawab : Tidak mungkin diatas 100 Klik.

Dibanding dengan sebuah blog dengan alexa rank 300.000 dengan jumalh kunjungan sekitar 350 visitor perhari. Apabila blog ini bergabung juga dengan program PPC maka potensi klik yang bisa dihasilkan pasti lebih baik dari blog yang satu.

Sekian artikel saya., kalau anda punya pendapat yang lain silahkan posting komentar anda.

Terima Kasih !

Salam : Basri Tamang

3 komentar:

Ciungtips.blogs on 17 Oktober 2010 17.26 mengatakan...

Bung basri , saya juga sering melihat ketika sebuah blog mampu mendapatkan komentar di setiap posting nya hingga puluhan ... Namun hanya coment ''setuju'' apa mungkin ini dsbut arisan kunjungan ?? Demi alexa jga kah?

Basri Tamang mengatakan...

Blog yang mendapat komentar seperi itu adalah blog dofollow dengan PR tinggi dan blog yang sudah popular. Tujuan para komentator adalan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya dari blog dofollow tersebut.
Atau untuk blog nofollow dengan traffic tinggi mereka bertujuan mendapatkan kunjungan dari pengunjung blog popular tersebut.

Anas on 19 Oktober 2010 08.07 mengatakan...

jujur selama saya ngeblog saya gak pernah pusing tuh sama yang namanya alexa

sejauh ini saya hanya menulis untuk memperbanyak kunjungan, tanpa disadari alexa saya terus menipis.

cara terbaik merampingkan alexa rank ya memang harus pnya traffic tinggi

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus