Sabtu, 09 Oktober 2010


Tips Menjaga Agar Facebook Tidak Terkena Hack

Tips Menjaga Agar Facebook Tidak Terkena Hack - Sebelum saya lebih jauh menuliskan artikel ini sebelumnya saya ingin menginformasikan bahwa saya bukanlah seorang hacker. Tujuan saya membuat artikel ini hanya sekedar berbagi kepada rekan-rekan yang masih tergolong pendatang baru di dunia internet (seperti saya). Akun-akun saya sendiri sewaktu-waktu bisa jadi terkena hack juga karena ilmu pengetahuan yang positif dan negatif makin hari makin berkembang. Tapi tidak perlu takut dengan semua hal itu, mari kita hadapi segala sesuatunya dengan mengambil sisi positifnya.

Contoh : Apabila akun kita kena hack, tentu hal tersebut akan memicu kita untuk lebih banyak belajar tentang security.

Dalam dunia maya jangan pernah menggunakan emosional, kalau akun kita kena hack itu artinya kecerobohan bagi kita dan keberhasilan bagi orang lain (itu prinsip saya).

Untuk menjaga akun kita agar tidak terkena hack khususnya facebook saya akan memberi sedikit tips yaitu :



1. Perkuat security akun email yang anda gunakan.

Banyak yang tidak menyadari bahwa sesungguhnya kunci dari facebook kita adalah email. Bahkan kunci dari semua akun kita adalah email. Kalau email kita kena bobol maka semua akun-akun yang lain akan terkena hack. Cara memperkuat security email terutama terletak pada pertanyaan kemanannya bukan pada paswordnya.
Pertanyaan kemanan yang saya maksud adalah pertanyaan keamanan yang anda buat dan jawab sendiri pada saat menciptakan akun email.
Pertanyaan keamanan ini akan dimunculkan pada saat kita meng-klik forgot pasword.
Contoh pertanyaan kemanan yang saya anggap kurang kuat adalah :

Misalnya "Dimana anda pertama kali bertemu dengan pasangan anda ?"

Jawab : "Pantai"

Atau, "Apa merk kendaraan pertama anda ?"

Jawab : "Yamaha"

Nah...pertanyaan kemanan seperti diatas yang seringkali disepelehkan oleh para pembuat akun email.
Kalau sewaktu-waktu ada seseorang yang mengklik forgot pasword untuk akun anda dan hanya pertanyaan dan jawaban seperti itu yang anda gunakan maka kemungkinan besar hanya butuh maksimal 10 kali tebakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Setelah pertanyaan kemanan kita dijawab maka pasword kita akan di reset.

Bagaimana agar aman ?

Saya sarankan untuk menggunakan jawaban yang susah ditebak (terserah anda).
Nah...itu sedikit tips untuk memperkuat security email, sebenarnya masih banyak lagi tapi itu yang paling vital.

2. Waspadai halaman situs palsu (fake login)

Situs palsu atau fake login merupakan senjata ampuh para hacker. Situs palsu yang saya maksud adalah situs yang menyerupai halaman asli facebook tapi alamat URL nya bukan http://www.facebook.com.
Situs palsu ini biasanya dikirim oleh orang lain ke email atau ditebar linknya pada dinding facebook, pesan dan lain-lain.
Intinya sebelum anda login apalagi melalui warnet amati dulu alamat URL yang tertera pada adress bar. Kalau alamanya bukan www.facebook.com maka kemungkinan besar itu adalah situs palsu.

Lalu bagaiman kalau kita terlanjur login pada halaman situs palsu tersebut ?

Lakukan perubahan pasword secepatnya karena email dan pasword anda yang digunakan login telah terkirim ke database pemilik situs palsu tersebut.

3. Sebisa mungkin jangan online di warnet.

Hal ini mungkin sedikit susah diterapkan apalagi bagi kita yang belum memiliki koneksi internet pribadi. Tapi bagaimanapun salah satu penyebab akun kita terkena hack adalah login disembarang komputer. Padahal ada banyak faktor yang bisa menyebabkan akun kita kurang aman misalnya lupa logout., komputer tersebut telah terpasang keyloger, akun kita tersimpan di history browser dan lain-lain.

4. Jangan cari musuh.

Hal ini juga sangat mendukung, ibarat di dunia nyata bagaimanpun pengamanan terhadapa diri anda kalau anda banyak musuh maka suatu saat kemanan kita pasti akan terusik. Kalau kita sudah menjadi target kejahatan dari orang-orang tertentu maka sulit bagi kita untuk selalu menghindar. Kecuali musuh itu datang sendiri maka hadapi sekuat tenaga. Prinsip terbaik adalah "Jangan pernah cari musuh tapi jangan pernah mundur menghadapi musuh".

Sekian tips dari saya, mudah-mudahan bermamfaat !

Salam : Basri Tamang

1 komentar:

Anonymous mengatakan...

thn gan

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus