Selasa, 09 November 2010


Berwisata Ke Bantimurung Dengan Bantuan Telkomsel Dan Google Maps

Berwisata Ke Bantimurung Dengan Bantuan Telkomsel Dan Google Maps - Menikamti liburan akhir pekan sambil berwisata dan menikmati kuliner merupakan salah satu kegemaran saya. Salah satu objek wisata yang pernah saya datangi adalah taman wisata Bantimurung yang terletak di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Kalau anda ingin tau dimana tepatnya lokasi ini berada saya akan menunjukkan lokasi tersebut dengan menggunakan google maps di ponsel . Seperti apa yang saya lakukan saat berkunjung ke Bantimurung.
Jadi bagi sobat yang gemar berpetualang dan berwisata salah satu aplikasi yang wajib anda miliki adalah google maps. Keunggulan dari aplikasi ini adalah support untuk semua ponsel java dan symbian.
Untuk mendapatkan aplikasi ini saya syarankan agar sobat menggunakan kartu telkomsel karena sinyal telkomsel menjangkau seluruh pelosok di Indonesia.

Dari ponsel sobat ketikkan *250*60#
Setelah itu link download aplikasi google maps dikirim ke ponsel anda melalui SMS.
Gunakan link tersebut untuk mendownload aplikasinya.
Setelah download dan install maka aplikasi siap gunakan untuk berpetualang.

Contoh ketika saya mengadakan perjalan dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin ke Bantimurung.
Yang pertama saya lakukan adalah membuka aplikasi google maps di ponsel.


Setelah itu saya klik menu --> search maps --> enter new search.


Pada kolom ketikkan lokasi tujuan saya yaitu "Bantimurung"


Setelah itu saya klik OK dan setelah loading beberapa detik lokasi Bantimurung dengan jelas ditunjukkan pada google maps di ponsel saya. seperti pada screenshot berikut :


Setelah lokasi yang ingin saya tuju terdeteksi di google maps selanjutnya adalah mencari rute yang akan saya lalui dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin ke taman wisata Bantimurung.
Untuk menemukan rute ini saya klik OK sesuai petunjuk pada layar ponsel lalu klik Get Directions.


Pada tampilan selanjutnya saya menentukan Start Poin (titik dimana saya berada sekarang) dan End Point (titik tujuan saya).


Pada tampilan ini End Point sudah ditentukan yaitu Bantimurung, Jadi yang harus saya isi selanjutnya adalah Start Poin (Bandar Udara Sultan Hsanuddin)


Setelah menentukan Start Poin dan End Point selanjutnya saya klik Show Directions untuk memperoleh rute perjalan saya menuju Bantimurung.
Setelah menunggu proses loading aplikasi google maps di ponsel saya maka rute yang harus saya lalui dari Banda Udara Sultan Hasanuddin ke Bantimurung ditampilkan pada layar ponsel saya.


Rute tersebut mulai dari JL. Perintis kemerdekaan Sampai ke JL. Poros Maros - Soppeng. (scroll menu kebawah dan keatas untuk melihat semua rute).

Dengan panduan google maps ini saya segera melakukan perjalanan mengikuti rute yang tertera pada ponsel dan akhirnya setelah berjalan dengan waktu kurang dari 2 jam saya tiba juga di Taman wisata Bantimurung.
Setelah memasuki wilayah Bantimurung rasa lelah dalam perjalan langsung hilang terobati dengan sajian pemandangan yang indah. Disini saya menikmati indahnya air terjun Bantimurung (fotonya sempat saya abadikan)


Pemandangan lain yang tak kalah menarik yaitu pegunungan karst yang menjulang dan keberadaan goa-goa bersejarah.
Setelah puas menikamti keindahan alam Bantimurung saya memutuskan untuk segera balik.
Sebelum memulai perjalan balik saya kembali membuka ponsel saya. Tujuan kali ini adalah mencari Rumah Makan yang terdekat dari lokasi saya. Maklum rasa lapar diperut tak tertahankan lagi.
Saya mencoba mengetikkan kata "Rumah Makan" pada aplikasi google maps ini. Ternyata hasil pencharaiannya sangat akurat. Saya menukan lokasi Rumah Makan Samanggi.


Kembali saya mencari rute yang harus saya lalui ke lokasi rumah makan tersebut.
Setelah saya melakukan petunjuk seperti yang saya lakukan sebelumnya akhirnya saya menemukan rute ke Rumah Makan tersebut yang ternyata masih pada Jalan poros Maros - Soppeng dengan jarak 6,1 KM dari tempa saya.


Setelah itu saya mulai perjalanan untuk kembali sambil mencari Rumah Makan Samanggi. Hanya butuh waktu 15 menit akhirnya saya menemukan lokasi Rumah Makan Samanggi. Saya pun menghentikan kendaraan dan memasuki Rumah Makan tersebut untuk menikmati menu yang disajikan.
Menu yang saya pesan adalah nasi putih + ikan bakar beserta semangkuk kuah coto Makassar.


Setelah menikmati hidangan dari rumah makan ini saya kembali melanjutkan perjalan. Saya merasa sangat puas dan sangat terbantu dengan adanya aplikasi google maps di ponsel saya. Apalagi didukung sinyal telkomsel yang ada dimana-mana.

Begitulah perjalanan saya menuju Bantimurung dengan bantuan Telkomsel dan Google maps. Saya sarankan bagi sobat semua untuk menggunakan aplikasi ini pada ponsel sobat. Cara menggunakannya sangat mudah, saya juga menyertakan video tutorial tentang cara penggunaan aplikasi google maps di ponsel.
Videonya dapat anda lihat dibawah ini :



Sekian pengalaman pribadi saya berpetualang dengan bantuan google maps dan telkomsel.

Salam : Basri Tamang

7 komentar:

Amir Al-maruzy on 10 November 2010 06.53 mengatakan...

wah... Bantimurung... its ok... jadi ingat waktu SMA dulu, bolos disekolah, trus meluncur ke Bantimurung bersama pujaan hati....

Lia Tamang on 10 November 2010 13.58 mengatakan...

wah....punya masa lalu yang indah y bro...ckckck

Amir Al-maruzy on 11 November 2010 04.48 mengatakan...

eh...jadi malu diliat sama bu Lia ... hi hi hi hi..

tenriewa on 11 November 2010 16.35 mengatakan...

Hahahaha.....

chapila on 12 November 2010 05.07 mengatakan...

Manta p eueyy pa lagi ikan bakarnya, kok saya tidak tau yah....
keep post

Tongkonanku on 15 November 2010 20.37 mengatakan...

Kalau gak salah, saya sudah dua kali ke bantimurung, tapi udah lama bgt. :)

Basri Tamang mengatakan...

Toraja lebih mantap lagi bro...hehehe

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus