Sabtu, 22 Januari 2011


Apa Pengertian PageRank Itu ?

Apa Pengertian PageRank Itu ? - Beberapa hari yang lalu, Google update PageRank yang menurut pendapat sebagian blogger ini adalah update minor. Artinya hanya blog-blog tertentu saja yang mengalamai update. Blog ini sendiri setelah berumur hampir 2 tahun akhirnya dapat pagerank 1. Padahal yang anehnya saya tidak melakukan optimasi untuk blog ini alias membiarkan apa adanya. Target saya justru blog http://www.tenriewa.com yang saya optimasi agar bisa dapat backlink sebanyak-banyaknya.

Itulah Google PageRank......pantas saja beberapa blogger yang ketika ditanya mengenai trik menaikkan PageRank selalu menjawab Google PageRank itu misteri.
Ada yang berpendapat bahwa faktor utama yang membuat PageRank naik adalah inboundlink. Tapi anehnya, beberapa blog dofollow malah mengalami peningkatan pagerank. Walaupun ada juga yang mengalamai penurunan.

Bagaimana menurut anda, apakah anda juga berpendat bahwa google PageRank itu misteri ?

Kalau menurut saya memang ada sedikit misteri dibalik PageRank, Google pasti telah membuat mesin atau mekanisme tersendiri untuk mengupadate PageRank ini. Bagaimanapun faktor utama yang diperhitungkan google adalah inboundlink dan outboundlink. Dan mungkin ada faktor lain yang saya tidak tau.

Ohh...iya, hampir lupa nih tujuan utama dari artikel ini. Berhubung adanya update PageRank kemarin. Ada salah seorang sahabat saya yang bertanya apa sih Google PageRank itu ?

Sebagai seorang blogger newbie saya juga tidak dapat menjelaskan definisinya seperti apa. Untuk definisinya biarlah dijelaskan oleh wikipedia.org saja, dimana menurut wikipedia PageRank (PR) adalah :

  • Sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Nah....sudah tau kan definisinya seperti apa ?

System PageRank dibuat untuk menilai tingkat popularitas sebuah situs. Tapi menurut saya situs yang populer adalah situs yang banyak dikunjungi dari search engine. Artinya konten situs tersebut dibutuhkan oleh pengguna internet.

Namun secara sistematis semua harus mengakui bahwa tingkat popularitas sebuah situs ditentukan oleh PageRank, Kenapa ?

Karena situs yang memiliki PageRank tinggi artinya banyak di link atau mungkin di review oleh situs lain.
Tapi ini cuma secara sistematis karena pada faktanya backlink itu dapat diperjual belikan atau sengaja di tukar dengan situs lain.
Situs yang tidak memiliki banyak visitor pun PageRank nya bisa naik dengan mudah kalau mau beli backlink.

Inilah sisi lain dari bisnis online,

Berhubung artikelnya sudah kepanjangan dan mungkin anda sendiri sudah bosan membaca maka cukup sampai disini dulu.

Sebenarnya saya masih ingin membahas mamfaat PageRank itu untuk blog kita dan beserta perbandingannya dengan alexarank tapi artikelnya sudah kepanjangan.

Insya Allah akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Salam : Basri Tamang

2 komentar:

Bhima Permana Putra on 13 April 2011 19.52 mengatakan...

Nice share bro

Basri Tamang mengatakan...

Makasih kunjungan dan komentarnya bro...

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus