Jumat, 25 Februari 2011


Penyebab PageRank Blog Tidak Naik Dan Cara Mengatasinya

Penyebab PageRank Blog Tidak Naik Dan Cara Mengatasinya - Awal saya mengenal blog saya langsung tertarik untuk mempunyai blog pribadi dengan tujuan maaf (hanya sebatas ingin pamer terhadapa teman-teman lain). Seiring seringnya saya online, browsing dan chat dengan rekan blogger yang lebih senior saya jadi tertarik untuk mengembangkan blog berantakan ini. Ternyata blog tidak hanya sebatas mendesain tampilan, menulis artikel, tapi juga ternyata ada 1 persoalan yang tidak akan pernah kita temui ujungnya yaitu Search Engine Optimization (SEO).

Trik SEO adalah senjata utama para blogger yang sudah mengenal dan melirik dunia Internet Marketing (IM). Tujuan utama dari trik SEO ini adalah memperbaiki posisi artikel di Search Engine Result Paga (SERP). Posisi SERP sangat erat kaitannya dengan PageRank (PR). Blog dengan PageRank tinggi pasti memiliki posisi yang baik di SERP karena indikator PageRank yang diciptakan Larry Page memang bertujuan untuk menentukan posisi SERP sesuai keyword yang kita gunakan.

Oleh karena itu PageRank merupakan salah satu faktor pendukung suksesnya sebuah blog walaupun banyak blogger yang tidak peduli akan PageRank ini dengan alasan visitorlah yang penting dikejar karena yang menghasilkan uang adalah visitor. Tentu hal ini juga tepat.

Saya sering menemui rekan-rekan blogger yang peduli dengan PageRank mengeluh tentang PR blog mereka yang tidak naik-naik. Dan termasuk saya sendiri masih mengeluhkan hal ini. Saya lalu mencoba mencari solusi dan penyebab kenapa PageRank blog saya tidak naik-naik walaupun sudah tuker link kemana-mana.

Untuk sementara saya mempunyai kesimpulan sendiri tentang penyebab PR blog tidak naik-naik yaitu sangat berpengaruh pada inbound link (link masuk) dan outboundlink (link keluar). Tidak hanya jumlah (Kuantitas) tapi terlebih pada Kwalitas.
Update PR yang terjadi antara 3-4 bulan sekali pasti diatur oleh sebuah mesin yang memiliki rumus tertentu. Jadi tidak ada istilah bahwa "PR Blog saya tidak naik karena disentimen oleh google"

Walaupun kalimat tersebut hanya bersifat candaan dari rekan blogger tapi jangan sampai ada asumsi seperti itu karena jumlah web dan blog dijaringan maya mencapai jutaan jadi mustahil pihak google melakukan peninjauan khsusus terhadap masing-masing blog. Semua diatur oleh sebuah mekanisme dan rumus tertentu. Jadi seandainya blog anda juga belum mengalami peningkatan PR itu berarti mekanisme atau rumus yang mengangkat PR tersebut belum memenuhi syarat.
Dalam matematika sendiri 5 - 3 = 2 dan tidak akan pernah menjadi 3. Kalau ingin jawabannya 3 harus ada usaha untuk menambahkan atau mengurangi salah satu faktor.

Untuk PageRank sendiri rumusannya ada pada inboundlink dan outbound link. Walaupun kita memiliki banyak inbound link tapi outbound linknya tidak terkontrol maka hasilnya tetap saja 0 (Nol).
Jadi kalau anda merasa memiliki banyak inboundlink tapi PR belum juga naik maka solusinya adalah kurangi outboundlink.

Cara menguranginya bagaimana ?

Ketika membuat artikel apalagi kalau artikelnya tentang download software maka mau tidak mau kita harus mencantumkan link agar pengunjung blog merasa nyaman dengan blog kita karena tidak perlu kemana-mana lagi.

Contoh link yang saya maksud adalah seperti ini :

Download Mozilla Firefox Terbaru Disini

Itu adalah salah contoh outboundlink yang sangat mudah kita lakukan dan sebenarnya merugikan untuk peningkatan PR.
Cara mengatasinya sebanrnya sangat mudah yaitu dengan menambahkan kode rel="nofollow" setelah URL. Atau hanya menuliskan link mati saja, maksud saya link mati adalah seperti ini :

Download Mozilla Firefox Disini : http://www.mozilla.com/en-US/firefox/?from=sfx&uid=246975&t=306

Tapi dengan penampilan link mati seperti diatas tentu kelihatan kurang bagus.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan link hidup dan menyisipkan kode rel="nofollow" setelah URL sehingga hasilnya adalah link hidup yang nofollow

Contoh kodenya adalah :

<a href="http://www.mozilla.com/en-US/firefox/?from=sfx&amp;uid=246975&amp;t=306" rel="nofollow"><span ><span style="font-weight: bold;">Download Mozilla Firefox Terbaru Disini </span></span></a>

Dengan kode diatas maka inboundlink yang kita buat tidak terlalu banyak merugikan karena sifatnya nofollow bukan dofollow.

Untuk mengetahui apakah sudah nofollow atau masih dofollow gunakan plugin nodofollow untuk firefox.
Pluginnya dapat anda download pada artikel saya disini.

Tapi ingat !

Jangan sisipkan kode ini ketika anda bertukar link karena anda pasti kena sendiri imbasnya.

9 komentar:

Panrita Blog on 25 Februari 2011 23.11 mengatakan...

mantap gan.... dan GA-nya juga mantap, pasti dah pake friend connect khan :D

Basri Tamang mengatakan...

Tp sayang jumlah kliknya kecil, kayaknya bakal di banned GA saya karena pasang floating dari IBN.
Salah satu syarat blog terpasang GA adalah tidak dibenarkan adanya floating dari adv lain.

eko tri on 10 Maret 2011 00.17 mengatakan...

siiipp deh : )

rofiq on 14 Maret 2011 03.49 mengatakan...

manatap infonya gan...

aridone on 6 Mei 2011 07.03 mengatakan...

trims atas infonya

ryd on 20 Mei 2011 06.35 mengatakan...

Terimakasih infonya saya yang termasuk peduli dan gak peduli juga denga PR, yach jadi 50:50 cuma pengen tau gimana supaya PR nambah...

oksida.com on 28 Januari 2012 07.08 mengatakan...

thanks infonya...
punyaku PR-nya masih telur ceplok, menjengkelkan sih tapi lumayanlah buat kesehatan

Gagaje on 18 Juli 2013 20.07 mengatakan...

Wahhh,,keren bang artikelnya,, saya juga termasuk orang yang newbie di dunia blogging, dan dengan membaca artikel ini, agak sedikit tercerahkan ne bang....super sekali bang..

Salsabila hanif on 27 Maret 2016 09.05 mengatakan...

Vimax Asli

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus