Selasa, 08 Februari 2011


Sejarah Ajarah Ahmadiyah

Sejarah Ajarah Ahmadiyah - Ahmadiyah merupakan sekte atau gerakan sempalan dalam Islam yang menggeliat di awal abad 20, tepatnya pada 1889, di mana lahir Jemaat Muslim Ahmadiyah. Akarnya adalah sebagian keyakinan bahwa akhir zaman telah tiba, dan pembawa gerakan ini Mirza Ghulam Ahmad merupakan orang yang terpilih sebagai Messiah atau dalam keyakinan Islam disebut sebagai Al-Mahdi yang akan menuntun umat manusia kepada Islam sebenarnya.

Ajaran yang mengambil Islam Sunni sebagai rujukan ini berkembang di Inggris, tentu saja berkat kebijakan kolonialis Inggris di tanah Hindustan, yang tidak begitu mencampuri urusan Agama dan keyakinan. Faktanya, pada masa itu, umat Islam di tanah Hindustan lebih memperhatikan bagaimana hubungan antara kaum Muslim dan Hindu, setelah kerajaan Mughal sebagai kerajaan Islam terakhir di India jatuh di bawah kaki Inggris.

Pada babakan berikutnya, jamaah Ahmadiyah terbagi dalam dua kepemimpinan. Yakni Jamaah Ahmadiyah di Qodyan, dan Jamaah Ahmadiyah di Lahore. Secara prinsip tidak ada perbedaan mendasar dari keduanya. Namun yang lebih prinsipil, jemaah Lahore tidak mengakui Mirza Ghulam Ahmad sebagai Nabi, melainkan sebagai pembaharu saja.

Berkembang di Tengah Ketidakpastian

Faktor lain yang menumbuhkembangkankan gerakan Ahmadiyah adalah jatuhnya kekhalifahan Usmaniyah. Kemudian, diikuti dengan dikuasainya Ka’bah di Mekkah oleh keluarga Saud yang menginduk gerakan Islam Wahabbi.

Selain itu, terdapat gerakan pembaharuan pan-Islamisme yang dibawakan oleh Jamaludin Al Afghani menegaskan bahwa Islam tidak harus berbentuk Kekhalifahan, sehingga muslim di dunia berhak membangun negara atau bangsanya sendiri. Maka di penjuru bumi muncullah gerakan Islam serupa yang membawa jenis pemimpin rohani yang bermacam-macam bentuknya, dari Salafi, Mujadidi, Tarikat, Sufi, dsb.

Situasi umat Islam sangat tidak jelas. Harus menginduk ke mana? Harus mengacu kepada siapa? Karena itulah ketika Mirja Ghulam Ahmad mengakui bahwa dirinya adalah salah seorang pembaharu Islam, hal ini sangat menarik bagi umat muslim Hindustan yang membutuhkan kepastian kepemimpinan rohani.

Ajaran Mirza Ghulam Ahmad mendapat tempat, karena memang situasi umat Islam pascaruntuhnya kekhalifahan terakhir begitu menderita di tengah kolonialisme barat. Bagi umat Islam pengikut Mirza Ghulam Ahmad, kondisi dunia seolah mendekati kiamat. Maka tidak heran ajaran Ahmadiyah tumbuh pesat. Saat ini di Pakistan saja pengikutnya berjumlah 4 juta Jiwa. Dan secara keseluruhan di dunia jumlah pengikutnya mencapai 150 juta orang.

Kontroversi Aqidah

Sisi kontroversial dari keyakinan yang dibawa oleh pembaharuan gerakan Ahmadiyah adalah status dari Mirza Ghulam Ahmad sendiri. Dirinya mengakui mendapatkan nubuwat atau ilham kenabian. Padahal Islam menolak Nabi dan Rasul lain setelah Muhammad SAW.

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan mencolok dari keyakinan Islam secara umum, yang berkaitan dengan masalah nubuwat mengenai kiamat, dan beberapa permasalahan dasar Aqidah, yang bagi umat Islam sudah final tidak bisa diutak-atik lagi.

Bersamaan dengan kontroversi itu. Adalah rentetan kekerasan atas nama Agama di seluruh penjuru dunia. Karena bagi umat Islam mainstream, apa yang dilakukan oleh Ahmadiyah merupakan penodaan terhadap kesucian Islam. Tidak heran umat Islam mengabaikan sumbangsih yang telah diberikan oleh pengikut Ahmadiyah, dan menyebutnya sebagai sumbangsih dari nonmuslim.

Saat Ini

Memasuki tahun-tahun awal millenium, ajaran mengenai hari akhir masih laku dijual. Bahkan, film tentang kiamat dengan spesial efek yang hebat: 2012 dikerumuni antrean penonton. Ini bisa dikategorikan bahwa ajaran Ahmadiyah masih bisa bertahan hidup dan semakin banyak pengikutnya. Walaupun, tidak semua kalangan mengindikasikannya demikian.

Ajaran Ahmadiyah ini ditolak di banyak negara Muslim, termasuk di Indonesia. Tetapi, dengan lindungan kebebasan dan humanisme yang modern, aksi menghalangi peribadatan Ahmadiyah, bisa dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

18 komentar:

Bayu Lebond on 10 Februari 2011 02.24 mengatakan...

lakum dinukum waliyadin lah....

Basri Tamang mengatakan...

Kalau terus berdebat semua pasti merasa benar, hakim yang adil hanya ALLAH swt.
Dia pasti akan menurunkan azab bagi kaum yang melanggar sebagaimana telah dicontohkan pada kaum-kaum yang terdahulu.

Anonymous mengatakan...

ne mah jelad jelas menyimpang . . . .
kafir low meyakini nabi selain Muhammad.saw

Anonymous mengatakan...

Astaghfirullah..... udah jelas2 diterangkan di dalam al-Quran kalau nabi Muhammad SAW adalah nabi yg terakhir...
ya ALLah semoga engkau cepat2 menyadarkan mreka yang tersesat amieenn,...

Anonymous mengatakan...

Yang jelas...
BUNUH AJA TUH MANUSIA2 KAFIR

Anonymous mengatakan...

apaan perlu berdoa untuk disegerakan akhir jaman hingga tau siapa yang benar siapa yang salah...?

Basri Tamang mengatakan...

Gk perlu, di dunia pun kalau sudah tiba waktunya akan terungkap mana yang benar dan mana yang salah.

gundar on 25 Februari 2011 00.54 mengatakan...

yg jelas,islam terbagi menjadi 73 golongan,jadi menurut saya masing2 aja lah.....allohu akbar...

Basri Tamang mengatakan...

Dan hanya 1 golongan yang langsung masuk syurga yaitu golongan yang mengikuti Ajaran Nabi Muhammad sepenuhnya.

juni mengatakan...

ahmadiyah adalah SESAT dan MENYESATKAN
jika pemerintah benar2 memberi ruang gerak pada jamaah ini, maka tidak lama lagi INDONESIA AKAN HANCUR



nabi akhir zaman adl NABI MUHAMMAD, sudah jelas pd al qur'an, injil, zabur dan taurat

Anonymous mengatakan...

apakah kalian juga tidak sesat, apakah kalian juga tidak pernah berbuat dosa, apakah kalian juga putih, apakah kalian juga suci, jangan menghakimi bila kalian sendiri tidak suci dan putih, dari kata kata commen kalian terbukti kalau kalian tidak suci, karena tidak bisa menghargai perbedaan dan juga kebebasan beribadah. kalian mengatakan kalau allah akan menurunkan azab ?. kalian adalah ibllis, yang di benci allah

Anonymous mengatakan...

klo ingin membuat agama lain silakan saja, tapi jgn beri nama "ISLAM" krna islam ajaran dan ibadatnya sudah jelas... beri saja nama agama baru kalian itu "OSLOM" kek ato apa kek, kita terima asal jgn yg sudah ada diobrak abrik...

Basri Tamang mengatakan...

Saya tidak pernah mengatakan diri saya suci.
Dan apa ada orang yang suci dibumi ini selain nabi dan rasul ???

Saya sebenarnya tidak heran kalau anda tetap kukuh dalam pendirian karena manusia yang menyembah syetan saja ada,...
Kalau anda memang belum menyembah syetan tapi hatinya sudah dibutakan dengan syetan.

Dan itu juga wajar karena ALLAH SWT berfiman dalam surat AL-Baqarah :

Surat Al Baqarah 6 ~ 7

6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup dan bagi mereka siksa yang amat berat.


Jadi saya sadari betul percuma berdebat dengan orang kafir.

Tunggu saja di Akhirat nanti, kalau saya yang salah maka saya yang akan di siksa :)

Basri Tamang mengatakan...

Masya ALLAH, kalau benar demikian kapan sadarnya orang-orang tersebut...

maulana mengatakan...

semoga Allah menghancurkan orang-orang yang berniat jahat terhadap islam... sesungguhnya Allah akan membalas tipu daya mereka dengan azab di dunia dan akhirat,, amiiin yaa rabb

pandu pandawa on 22 April 2011 07.21 mengatakan...

menurut AL QURAN bahwa bakal datang seorang nabi dan rosul yg betrnama AHMAD ,maksud AGHMAD di sini adalah NABI MUHAMMAD bukan MIZRA GHULAM AHMAD awas salah tafsir sesat....

Anonymous mengatakan...

Benar salah dalam keyakinan bukan ranah manusia karena semua merasa paling benar, tapi absolut hak sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa.Beda perspektif merupakan konteks yang mendasar. Supaya tidak ada keraguan tanya langsung pa Allah SWT Apa dan Mana yang benar itu.

Basri Tamang mengatakan...

@Anonim : Kalau anda bertanya pada ALLAH maka akan dijawab dalam Al-quran dan Al-Hadis.
Tapi jangan sampai kita sudah termasuk orang yang disinggung dalam surah Yasin Ayat 10

Yaitu : "Sama saja bagi mereka diberi peringatan atau tidak"

Kenapa karena hati kita telah dikunci untuk mnerima kebenaran yang sebenarnya.

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus