Rabu, 16 Maret 2011


HTC Player VS iPad 2

HTC Player VS iPad 2 - Persaingan para produsen gadget kian memanas. Masing-masing produsen ramai-ramai meluncurkan produk dengan berbagai keunggulan dibanding yang lain. Namun juga memliki kekurangan dibanding yang lain. High Tech Computer (HTC), yang dikenal sebagai salah satu produsen smartphone terbesar, berencana memasarkan tablet PC Flyer yang diperkenalkannya di Mobile World Congress pada 14-17 Februari lalu di Barcelona, Spanyol.

Nampaknya HTC tidak gentar dengan kehadiran Apple iPad 2. Di tahap pertama, ia cukup optimistis memproduksi lebih dari satu juta unit HTC Flyer. Angka ini menunjukkan bahwa perusahaan Taiwan itu yakin potensi tablet PC ke depan cukup menjanjikan, terutama di segmen negara-negara berkembang.

HTC Flyer merupakan tablet PC pertama besutan HTC yang memiliki layar sentuh berukuran 7-inci. HTC yang sudah bermitra lama dengan Google mengadopsi Android sebagai sistem operasinya, yakni Android OS 2.4 (Gingerbread). Modal ini cukup untuk berkompetisi sengit dengan generasi kedua iPad yang juga dimodali OS terbaru, iOS 4.

Flyer ditenagai prosesor berkekuatan 1,5 GHz. Di atas kertas, kemampuan ini jauh di atas iPad 2 yang hanya memiliki 900 MHz dual-core ARM Cortex-A9 proccessor.

Keduanya sama-sama dapat beroperasi di jaringan HSPA dan WCDMA dengan versi perangkat yang berbeda. Untuk kapasitas memori, HTC membenamkan 1GB RAM serta storage on-board sebesar 32GB. Sementara iPad 2 hanya 512 MB RAM. Lagi-lagi Flyer mengungguli iPad 2.

Di sisi multimedia, HTC Flyer memiliki dua kamera beresolusi tinggi, yaitu kamera 1,3 MP di bagian depan dan kamera 5 MP di bagian belakang. Kamera ini jauh lebih baik daripada kamera yang dimiliki iPad 2, yang mana kamera bagian depan setingkat VGA dan kamera belakang hanya 0,7 MP.

Karena Anda sudah mengenal iPad 2 lebih dulu, ada baiknya kita mengintip fitur unggulan HTC Flyer. Tablet perdana HTC ini menjagokan fitur HTC Watch, yaitu piranti lunak untuk mengunduh video. Fitur ini juga mendukung game-game On-Live berbasis komputasi awan. Dengan begitu, seharusnya kinerja game akan jauh lebih ringan.

Dibanderol seharga US$600 (setara Rp5,2 juta) per unit, HTC Flyer akan diluncurkan sekitar bulan April. Dibandingkan Samsung Galaxy Tab dengan rentang harga US$650 (setara Rp5,7 juta) hingga US$900 (setara Rp7,8 juta), Flyer lebih murah.

Jika dibandingkan iPad 2 Wi-Fi 32GB seharga US$599 (Rp5,2 juta), harga Flyer setingkat. Tetapi, iPad 2 Wi-Fi bukan lawan Flyer yang memiliki akses 3G.

Namun, kalau iPad 2 Wi-Fi + 3G seharga US$729 (setara Rp6,3 juta) yang disandingkan dengan Flyer, HTC lagi-lagi menang karena dengan selisih Rp1,1 juta. Selisih yang cukup besar.

Tak heran jika HTC Flyer menjadi salah satu produk "panas" yang ditunggu-tunggu. Satu juta unit pertama akan mulai dikapalkan secara merata Agustus mendatang.

Rasanya tidak muluk jika perusahaan Taiwan ini mematok target hingga 1,5 juta unit, dan mengharapkan segmen tablet PC mampu menyumbang NT$30 miliar (setara Rp8,9 triliun) di akhir tahun nanti. Sebagaimana diketahui, HTC menyiapkan dua tablet PC Android baru pada paruh pertama tahun ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus