Senin, 21 Maret 2011


Tehnik Olah Nafas

Tehnik Olah Nafas - Artikel ini hanya sebuah hasil copy dan paste dari berbagai sumber. Saya membuatnya karena Alhamdulillah saya merasakan mamfaat yang sangat besar dari tehnik oleh nafas yang baik.

Hal yang sangat ironis adalah sangat jarang diantara kita mau memperhatikan nafas ini padahal pernahkah anda berpikir apa yang akan terjadi kalau anda tidak bisa bernafas lagi ?
Atau bagaimana kalau anda merasakan sesak nafas ?
Disinilah terasa mamfaat dari bernafas itu.

Sejauh yang saya amati ketika sedang browsing atau bertanya langsung kepada orang yang lebih tau dari saya hampir semua keilmuawan untuk mencapai kesehatan kuncinya ada pernafasan.
Dari segi medis maupun non medis kegiatan olah nafas mempunyai mamfaat yang sangat besar. Dari sejak kecil dulu orang tua saya selalu mengajarkan disetiap kali kamu melakukan kegiatan maka awalilah dengan bernafas dengan sadar minimal 3 kali seperti ketika akan tidur, ketika akan bangun, ketika akan memulai aktivitas.
Walaupun orang tua saya mengajarkan demikian tapi saya kerap mengabaikan karena menganggap itu hanya buang-buang waktu saja dan hanya kebiasaan kuno yang tidak perlu digunakan lagi.

Lalu suatu ketika saya membaca sebuah buku tentang ilmu tareqat islam (mungkin hal ini tidak sembarang diuangkapkan orang lain) dimana pada buku ilmu tareqat ada satu kutipan yang mengatakan.

"Iman Yang Sebenarnya Adalah Nafas"

Dan sesungguhnya orang yang patut menjadi imam dalam Shalat adalah orang yang mengetahui imam yang ada didalam dirinya.

Disamping itu saya juga pernah membaca buku tentang Shelf Healing oleh Reza Gunawan yang salah satu anjuran pokoknya untuk mencapai kesehatan adalah senantiasa bernafas dengan sadar di sela-sela aktivitas kita.

Saya juga pernah belajar Ilmu supranatural diperguruan Elang Jagad, lagi-lagi kuncinya adalah pernafasan.
Saya juga pernah mengikuti pelatihgan Dzikir untuk mengolah jiwa yang sehat (Energi Biosel) yang juga memadukan dzikir dan pernafasan.

Pada beberapa jenis terapi juga menggunakan tehnik pernafasan seperti Yoga dan Reiki.
Kedua jenis olah nafas ini sangat terkenal dan banyak diminati orang-orang.

Ketika anda menengok ke perguruan yang melatih tenaga dalam atau apapun semua menganjurkan muridnya untuk melatih olah nafas yang baik.

Dengan beberapa faktor tersebut akhirnya saya jadi bertanya ada apa sebenarnya dibalik bernafas yang kadang kita anggap sepeleh ini ?

Berikut adalah sebuah artikel yang saya kutip dari berbagai sumber yang menjelaskan lebih dalam tentang mamfaat dan tehnik olah nafas.

*****Pernahkah Anda merasakan kelesuan yang berkepanjangan? Penginnya tidur-tiduran melulu?? Di kantor pada jam 10.00 terus-menerus menguap. Males mikir.
Sedikitnya kandungan oksigen dalam darah sangat berpengaruh pada vitalitas dan gairah hidup seseorang. Mengantuk yang tidak sewajarnya adalah tanda umum kekurangan oksigen dalam jaringan otak. Kita juga jadi males mikir, bahasa gaul sekarang “lemot”’ lemah otak.
Kandungan oksigen dalam darah juga berfungsi untuk pemecahan nutrisi menjadi energi, serta mendorong sampah-sampah dalam tubuh menuju tempat pembuangannya, melalui keringat, air seni maupun BAB.

Masukan oksigen dapat diperoleh dari air minum dan pernafasan.
Pernafasan kita akan menjadi terlatih dengan cara olah raga teratur atau dengan sengaja melatihnya dengan teknik olah pernafasan.
Ada beberapa hal yang harus kita simak untuk efektifitas latihan pernafasan yang akan kita lakukan, diantaranya adalah:
  1. Melatih paru-paru untuk meningkatkan kapasitas vitalnya.
  2. Memaksa agar darah menjadi agresif dalam menangkap dan mengikat oksigen.
Meningkatkan kapasitas vital paru-paru. Paru-paru yang tidak pernah dilatih, artinya tidak pernah diajak berolah raga atau tidak pernak diajak olah nafas, kapasitas vitalnya akan kecil. Ini ditandai, kalau menarik nafas tidak bisa panjang. Atau kalau diajak melakukan aktifitas fisik sedikit saja sudah ngos-ngosan, tersengal-sengal. Dalam latihan pernafasan, meningkatkan kapasitas vital paru-paru dilakukan dengan cara menarik nafas sedalam-dalamnya, kemudian menahannya untuk beberapa saat. Lalu bagaimana memaksa darah agar agresif menangkap dan mengikat oksigen? Yaitu dengan cara tidak memberikan oksigen pada darah untuk beberapa saat. Tekniknya adalah dengan membuang nafas sampai benar-benar habis, kemudian menahannya (tidak menarik nafas) sekuatnya. Dengan diperlakukan demikian, pada saat kita kembali bernafas, maka darah akan sangat agresif menangkap dan mengikat oksigen.
Bentuk latihan pernafasan :
1. Pernafasan Segi Tiga
  • Buang nafas. Sebenarnya, sebelum membuang nafas, kita tarik nafas sekedarnya terlebih dahulu, baru kemudian kita buang nafas dengan perlahan dan panjang melalui mulut dengan berdesis. Setelah nafas seolah habis, tambahkan desis sekali atau dua kali lagi agar benar-benar habis.
  • Tarik nafas. Setelah nafas benar-benar habis, segeralah menarik nafas dengan perlahan dan irama yang konstan melalui hidung, sampai paru-paru benar-benar penuh.
  • Tahan nafas. Ketika paru-paru sudah penuh tahanlah sekuat mungkin beberapa saat, kemudian lepaskan nafas dengan perlahan dan panjang melalui mulut.
Demikian ini disebut dengan pernafasan segitiga bila ketiga siklus tersebut dilakukan dengan durasi yang sama masing-masing fase. Misalnya, fase buang 10 detik, tarik 10 detik dan tahan 10 detik. Bila anda telah terbiasa dengan durasi 10 detik ini, anda dapat meningkatkan durasinya. Mengenai lamanya tiap kali latihan, anda dapat berlatih untuk tahap awal kurang lebih 10 menit, kemudian meningkatkannya setelah anda berlatih beberapa minggu.
2. Pernapasan Segi Empat
  • Buang nafas. Sebenarnya, sebelum membuang nafas, kita tarik nafas sekedarnya terlebih dahulu, baru kemudian kita buang nafas dengan perlahan dan panjang melalui mulut dengan berdesis. Setelah nafas seolah habis, tambahkan desis sekali atau dua kali lagi agar benar-benar habis.
  • Tahan nafas. Setelah nafas benar-benar habis kemudian menahannya (tidak menarik nafas) sekuatnya. Istilah umum yang dipakai di lingkungan olah nafas adalah ”nafas kosong”.
  • Tarik nafas. Setelah anda tidak mampu menahan nafas kosong, tariklah nafas dengan perlahan dan irama yang konstan melalui hidung, sesedikit mungkin.
  • Tahan nafas. Ketika paru-paru sudah terisi sedikit tahanlah sekuat mungkin beberapa saat, kemudian lepaskan nafas dengan perlahan dan panjang melalui mulut.
Sama dengan pada pernafasan segitiga, pada pernafasan segi empat, masing-masing fase harus sama durasinya. Ketika anda merasakan pusing yang berat saat berlatih, segeralah hentikan latihan, tarik nafas panjang dan buanglah dengan panjang tanpa penahanan. Ulangi beberapa kali. Anda dapat mengulalngi lagi latihan, atau menundanya sampai hari berikutnya. Perhatian :Untuk latihan nafas segitiga anda dapat berlatih sendiri, tapi untuk nafas segi empat sebaiknya anda dibimbing oleh seorang pelatih. Seorang pelatih olah nafas yang baik, akan memberikan bimbingan mulai dari persiapan fisik dan mental, agar peserta latih tidak banyak melakukan kesalahan.
Setelah anda membaca artikel diatas mungkin sudah tau sedikit mamfaat dan tehnik pernafasan. Bagi anda yang muslim saya menganjurkan melakukan tehnik olah nafas diikuti dzikir asmaul husna Insya Allah mamfaatnya akan sangat besar.

2 komentar:

intuisiblog.com on 22 Maret 2011 07.32 mengatakan...

betul sekali mas. Saya pernah mendapat wejangan dari Kyai sepuh di daerah jawa timur. Bila kita bisa menguasai nafas, kita akan bisa menguasai dunia.

Ternyata setelah saya rujuk ke thoriqoh naqshabandi, ternyata setiap nafas yg keluar masuk harus disertai dzikrulloh.

Nah, mungkin jika kita bernafas dengan di sertai dzikir. Maka kita akan bisa selalu mengingat Alloh dan Alloh pun akan selalu ingat kita. Kalau Alloh sudah selalu mengingat kita, insya Alloh semua kehendak kita yang dhohir maupun batin akan selalu di kabulkan oleh Nya.

maaf komentar saya gak nyambung blasss.. sekalian promosi blog baru nih .
http://www.om-onny.com

Basri Tamang mengatakan...

Trims atas komennya mas....
Nyambung aja kok....hehehe
Hampir semua tareqat islam mengatakan bahwa bernafas itu adalah dzikir. Salah satunya tareqat khalwatiyah.

Blognya barunya keren mas...

Poskan Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus