Minggu, 17 April 2011


Cara Mengatasi Komputer Yang Terasa Lambat

Cara Mengatasi Komputer Yang Terasa Lambat - Komputer atau laptop yang lambat sebenarnya sebagian besar dipengaruhi oleh spesifiikasi komputer itu sendiri. Dijaman sekarang ini dimana harga komputer dan laptop sudah semakin terjangkau maka saya sarankan anda menggunakan komputer atau laptop yang memilik RAM paling tidak 1 GB.

Kalau anda sudah memiliki komputer dengan spesifikasi yang bagus namun masih terasa lambat itu berrati ada masalah yang harus diatasi.
Untuk mengetahui cara mengatasinya akan lebih baik apabila anda terlebih dahulu mengetahui penyebab komputer tersebut menjadi lambat yang biasanya disebabkan oleh permasalahan seperti berikut :
  • Terlalu banyak program yang terinstall, dan berjalan di sebuah proses jendela sistem sehingga sangatlah memakan memori sehingga mengakibatkan kelambatan, namun tidak menjadi masalah, jika komputer memiliki spesifikasi DUO atau CORE TWO DUO, dan RAM yang dimiliki juga cukup besar, Minimal 1 Giga (Untuk XP) 2 Giga (Untuk Vista, keatasnya).
  • Harddisk tidak pernah dilakukan Defragment, sehingga komputer menjadi lambat membaca harddisk dikarenakan file yang terdapat pada harddisk tidak tertata dengan rapih.
  • Sering melakukan Install dan Uninstall. Sehingga terjadinya penumpukan penumpukan file sampah pada Registry yang cukup mengganggu pada kinerja komputer.
  • Terinveksi Virus atau Spayware, atau Malware dan lain lain. Secara tidak langsung program jahat ini akan bekerja di balik sistem yang kita tidak bisa sadar akan kerja aplikasi tersebut sehingga bisa merusak file, kinerja windows, bahkan koneksi internet. Yang pada intinya sangatlah mengganggu sekali dalam pengoperasian komputer kita.
Sedangkan untuk cara mengatasinya tidak perlu sampai memanggil tukang service atau membawanya ke tukang serveic karena saya yakin kita semua bisa melakukan dengan mudah.\
Beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah seperti cara berikut :

  • Melakukan upgrade RAM minimal sesuai dengan yang kami anjurkan diatas, untuk processor jika anda menggunakan Komputer Desktop (PC) bisa dilakukan upgrade asalkan motherboard yang digunakan mendukung. Jika menggunakan laptop, asal slot memori yang tersedia masih ada kosongnya, anda bisa menambahkannya.
  • Melakukan Defragment pada harddisk anda, setidaknya 1 bulan sekali. Ini berguna sebagai langkah kita merapihkan susunan file yang tidak teratur dan akan bisa mempercepat akses file jika akan dibuka/dibaca. Fasilitas windows menyediakan ini. Langkahnya: -->(Menu Star-->All Program-->Accesories-->System Tools-->Disk Defragmenter, lakukan pada masing masing Drive yang tersedia. Tampilan Defragment Lihat dibawah:
  • Dan Untuk Melalkukan pembersihan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer kita, bisa menggunakan registry cleaner yang cukup baik, bisa menggunakan yang free seperti Glarysoft Registry Repair , atau yang licensed seperti Tune Up Utilities.
  • Beberapa aplikasi mengganggu seperti adware, spyware yang tidak bisa deteksi oleh beberapa software (antivirus) bisa menggunakan Spybot Search & Destroyunduh disini
Lakukanlah langkah sederhana diatas, yang dapat membantu dan meminimalisir kelambatan (lemot) pada komputer anda. Namun satu lagi yang perlu diketahui, hati hati dengan penggunaan System Restore yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi awal sistem komputer kita, karena system restore merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan baik oleh virus, maupun spyware, dan nama lainnya dengan cara menyimpan datanya di data system restore, sehingga bila dilakukan restoring, akan muncul kembali.
Satu lagi perlindungan Komputer tidak sempurna jika kita tidak menempatkan Antivirus yang sangat berguna mendeteksi, membantu untuk menghilangkan Program program jahat (virus). Kami anjurkan gunakanlah antivirus yang bisa melakukan Proteksi Sistem. Adapun Untuk Antivirus Rekomendasi dari saya adalah Kaspersky (Licensed), Avira (Antivirus Gratis Terbaik) disusul AVG.
Jangan lupa lakukan pembersihan Hardware secara rutin, karena hardware yang kotor akan mengakibatkan overheat (panas yang berlebih) sehingga bisa memakan umur hardware. Semoga Tips Maintenance Sederhana ini dapat membantu. Terima kasih

2 komentar:

rhey on 19 April 2011 17.57 mengatakan...

tolong infonya tuk membuat judul artikel dan link bagaimana ??

ZONA BOKEP on 16 Juni 2011 13.37 mengatakan...

ilmu yg bgus nih gan.

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus