Jumat, 15 April 2011


Situs Untuk Karaoke Online

Situs Untuk Karaoke Online - Entah situs seperti ini sudah ada sebelumnya atau baru kali ini yang pertama yang jelas saya sendiri baru taua kalau ternyata ada juga situs untuk karaoke secara online. Yang hobi nyanyi atau karokean situs ini patut dicoba.


Nama situs ini adalah nyanyiyuk.com Layanan ini menawarkan konsep game karaoke yang sangat menghibur, sekaligus memotivasi penggunanya untuk meningkatkan kualitas olah vokal.

Shieny Aprilia, salah satu pendiri NyanyiYuk, berbagi cerita tentang game yang dibangunnya bersama teman-temannya kepada Kompas.com saat ditemui usai pitching dengan para investor di Kantor Microsoft Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/4/2011). NyanyiYuk.com adalah satu satu dari 15 ide bisnis yang menang iMulai 3.0, kompetisi startup yang digelar Microsoft dan USAID.

Meski status NyanyiYuk.com masih prototype atau masih berbentuk ide dan masih dalam pengembangan web, namun Shieny optimis game-nya akan banyak digemari masyarakat. Itulah sebabnya ia dan teman-temannya memilih karaoke untuk game yang mereka kembangkan.

"Kami pikir, semua orang pasti bisa nyanyi. kebanyakan orang pasti suka nyanyi. Nah, kami ingin kegiatan yang sudah menarik tambah lebih menarik dengan bentuk game," ujar Shieny.

Ketika membuka situs NyanyiYuk.com, akan langsung muncul banyak pilihan lagu yang bisa dinyanyikan. Pengguna dapat login terlebih dahulu untuk bisa mulai menyanyikan game karaoke ini. Saat menyanyi, akan ada aplikasi yang mengukur tingkat fals, tingkat kesalahan nada, dan kualitas vokal kita. Semakin bagus suaranya, maka score game akan semakin tinggi.

Score yang didapat bisa dibagi ke Facebook untuk dipamerkan kepada orang lain. Pengguna juga bisa mengajak teman-temannya untuk menyanyikan lagu yang sama kemudian membandingkan nilai suara masing-masing. Atau untuk teman yang belum terdaftar di NyanyiYuk.com, bisa diundang melalui e-mail seperti mengundang orang untuk join Facebook. Alat menyanyi seperti microphone bisa menggunakan mic yang terdapat pada headset komputer. Performance para pengguna saat menyanyi juga bisa direkam dengan menggunakan webcam dan di-upload ke web seperti YouTube, lalu di-share ke Facebook.

Aktifitas menyanyi di NyanyiYuk.com ini tentu akan sangat menghibur dan menantang bagi orang-orang yang gemar menyanyi dan ingin eksis di dunia tarik suara. Namun, hingga saat ini NyanyiYuk.com masih belum dapat digunakan secara umum karena kendala lisensi.

NyanyiYuk masih menggunakan dua pilihan alternatif. Yang pertama, membayar orang untuk mengubah aransemen lagu asli, agar lagu yang dimainkan di NyanyiYuk adalah aransemen versi game. Memang NyanyiYuk tetap membayar lisensi, namun tidak semahal lisensi untuk lagu asli. Alternatif kedua adalah, pengguna bisa menyanyikan lagu versi asli dan lengkap namun harus membeli kepada NyanyiYuk.com.

"Jadi sistemnya beli lisensi. Tapi mereka hanya sekali beli, lalu bisa main game dengan lagu asli berulang-ulang," tambah Shieny. Alternatif lisensi ini hingga kini masih jadi perbincangan hangat para pendiri NyanyiYuk.

Situs yang sudah online beta sejak akhir tahun 2010 lalu ini, masih menjalani development web dan penyelesaian lisensi, sehingga belum bisa digunakan segera. Maka persiapan untuk Pitching dengan investor pun, mereka lebih banyak memikirkan bisnis model, salah satunya lisensi.

"Kami masih memikirkan bagaimana supaya enak buat user, tetapi tidak terbentur legal," ujar Shieny.

NyanyiYuk.com merupakan salah satu aplikasi game yang dikembangkan oleh Agate Studio. Agate Studio didirikan sejak 2009 dan kini menjadi salah satu pengembang game online Indonesia yang terbesar. NyanyiYuk merupakan satu dari dua game online dibawah bendera Agate Studio yang memenangkan Kompetisi iMulai 3.0. Game lainnya yang menang adalah Football Saga. Total kru Agate Studio sebanyak 40 orang, 4 di antaranya adalah tim NyanyiYuk, yakni Shieny Aprilia, Erga Ghaniya, Adrian Ben, dan Hermanto Salim.

0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus