Minggu, 24 April 2011


Toresto Aplikasi Untuk Berburu Kuliner

Toresto Aplikasi Untuk Berburu Kuliner - Bagi anda yang hobi berburu kuliner, aplikasi ini wajib anda gunakan. Nama aplikasinya adalah Toresto, aplikasi layaknya GPS mampu menunjukkan dimana lokasi kuliner berada.

Aplikasi buatan GITS Indonesia ini dapat menuntun kita saat berwisata kuliner. Menariknya dari aplikasi ini adalah adanya fitur promo. Kita dapat mengetahui program promosi dari tempat kuliner disekitar kita.

"Kita bisa tahu ada promosi apa saja di tempat kuliner yang ada di sekitar kita," kata Chief Technical Officer GITS Indonesia, salah satu pengembang aplikasi lokal Android.

Saat dijajal, aplikasi ini cukup akurat untuk menunjukan lokasi tempat kuliner yang ingin kita tuju. Mengandalkan GPS, Toresto akan menuntun kita ke jalan yang benar.

"Kita pakai fitur googlemap. Akurasinya tergantung dari fitur GPSnya aktif atau tidak. Tapi saat tidak aktif pun, paling selisih 100-200 meter dari lokasi yang ingin dituju,"

Saat ini database tempat kuliner sebagian besar berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Ada beberapa tempat di Surabaya, namun tidak banyak. Tapi Ibnu mengatakan bahwa tidak tertutup kemungkinan ke depannya akan ditambahkan lokasi-lokasi kuliner di kota besar lainnya.

"Harapan kita restorannya bisa di seluruh Indonesia. Karena setiap orang bisa menambahkan sendiri. Saat ini dalam database sudah ada 3.000an tempat kuliner di wilayah Jabodetabek, Bandung dan ada beberapa di Surabaya,"

Informasi yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini cukup lengkap. Mulai dari menu, harga bahkan foto dari menu-menu yang tersedia dalam tempat kuliner hingga fasilitas yang tersedia dari tempat kuliner tersebut.

"Kita bisa tahu harga menu hingga fotonya. Selain itu juga ada fasilitas apa saja di dalamnya. Misalnya ada live music, smoking area, mushola dan lainnya," papar Ibnu.

Metamorfosa Raos Pisan

Diakui oleh Ibnu, Toresto merupakan pengembangan dari aplikasi yang bernama Raos Pisan. Aplikasi ini menjadi panduan bagi pemburu kuliner di Bandung.

"Memang ini adalah upgrade dari Raos Pisan. Selain lokasi tempat kulinernya yang lebih lengkap dan lebih luas, fitur-fitur yang ada di Toresto pun jauh lebih lengkap dari Raos Pisan," ungkapnya.

Perihal nama, Ibnu menuturkan bahwa nama Toresto memiliki arti ke restoran. "Kan to resto atau ke restoran. Kita sambung saja. Tapi jadi seperti logat Madura yah," katanya tertawa.

Sudah dua bulan aplikasi ini mendekam di android market. Sekarang sudah 5.000 orang yang mendownloadnya. Selain di Android, aplikasi ini juga akan didagangkan di Apple Store dan Ovi Store.

"Toresco sudah 5.000 kali didownload di android market. Dan rencananya di Apple Store akan kita publish ulang. Sedangkan untuk Nokia, kita sedang develop. Dalam waktu dekat akan kita pasarkan juga di Ovi Store," katanya.

Selain fitur, desain dari Toresto ini juga sangat menarik. Makanya tidak heran jika review di android market dan di milis-milis, banyak yang memuji desain Toresto.

"Untuk aplikasi lokal Toresto dibilang sangat bagus dibanding aplikasi yang lain. Ini berdasarkan pendapat pengguna yang review baik di market ataupun di milis-milis. Ratingnya pun saat ini 4,5 dari maksimal rating 5,"

Rencananya aplikasi ini akan ditambahkan fitur check in dan badge. Jadi saat kita sedang berada di tempat kuliner, kita bisa memberitahukan lokasi tersebut kepada teman-teman kita.

"Ya seperti foursquare lah. Kita bisa check in dan akan mendapatkan badge,".

0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus