Senin, 09 Mei 2011


Pengertian Malware, Adware Dan Spyware

Pengertian Malware, Adware Dan Spyware - Kemajuan tekhnologi internet yang kian pesat membuat para pencipta program jahat juga terus berkembang. keberadaan program-program jahat ini tidak boleh kita anggap sepeleh karena dapat menyebabkan kerugian-kerugian kecil hingga kerugian yang besar seperti materi.

Program-program jahat tersebut diantaranya memiliki karakteristik untuk merusak dengan cara menginfeksi sistem komputer kita. Efeknya sudah pasti menimbulkan kerugian bagi kita, diantaranya: kehilangan data, kehilangan akses untuk akun tertentu yang telah kita daftarkan, sampai akhirnya menimbulkan kerugian materil bagi kita.

Beberapa ancaman tersebut dapat diklasifikasikan dengan sebutan Malware, Adware dan Spyware. Melalui ulasan berikut akan membahas perbedaan dari ketiga istilah tersebut melalui berbagai ciri dan ancaman yang disebabkannya.

MALWARE

Malware adalah perangkat lunak yang bertujuan memberikan masalah pada komputer dengan cara membatasi, mengubah dan memberhentikan kinerja komputer. Dengan tujuan umum untuk proses download dan installasi tersembunyi yang membingungkan.

Malware sendiri biasa didapati karena download internet, link email dan lampiran, jejaring sosial, game online, chatroom dari website berbahaya dsb.

Indikasi Malware
Beberapa faktor sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terinstall malware pada komputer kita adalah :
• Browser homepage terus berubah.
• Iklan pop-up muncul setelah browser ditutup.
• Muncul ikon aneh pada desktop.
• Lampu komputer berkedip (mengartikan komputer dalam proses mengolah informasi) pada waktu yang tidak biasa atau tak terduga. Hal ini sulit untuk diamati dengan broadband karena tidak ada perbedaan visual antara data yang masuk dan keluar.
• Pengaturan browser berubah, termasuk dafault web saat awal browser dibuka.
• File upload atau download terjadi tanpa izin pengguna.

ADWARE

Adware adalah bentuk lain dari malware dan persis seperti namanya, perangkat lunak dengan tujuan promosi atau iklan. Adware biasanya terdapat didalam software freeware yang kita download.

Meskipun beberapa program memberikan pilihan untuk tidak menginstal adware ekstra, banyak sekali software gratis menambahkan adware didalamnya tanpa sepengetahuan kita.

SPYWARE

Spyware adalah jenis program yang menyerang komputer dengan memata-matai komputer. spyware dan malware memiliki kesamaan yaitu kemampuan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan informasi pribadi tanpa izin Anda. Spyware juga dapat mengirim dan membuat sumber daya komputer dan informasi yang tersedia untuk penerima tidak dikenal atau pengguna remote tanpa sepengetahuan atau izin.

Spyware dan malware adalah metode yang mungkin untuk pencurian identitas sejak pemilik atau pengguna komputer tidak tahu tentang atau tidak memberikan izin mereka untuk instalasi dan penggunaan program tersembunyi atau file.

Ada berbagai jenis spyware yang mengumpulkan informasi yang berbeda. Jenis spyware umum adalah keylogger yang merekam informasi apa yang Anda ketik pada keyboard Anda. Jadi, mengapa nomor rekening kartu kredit bisa hilang, atau login dan password kita dicuri, kesemuanya itu adalah ulah dari Spyware.

Pedoman umum untuk menghindari Malware, Adware dan Spyware

• Tidak membuka email atau lampiran email dari pengirim yang tidak dikenal.
• Block atau tidak mengklik jendela pop-up yang mencurigakan.
• Jangan membuka file yang tergolong terkait dengan malware seperti .bat, .com, .exe, .pif, .txt.vbs, .htm.exe atau .vbs
• Tidak download dan menginstall aplikasi selain dari sumber terpercaya.
• Hindari penipuan berupa phising.
• Gunakan update software anti-virus dan anti-spyware secara teratur.


0 komentar:

Poskan Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus