Jumat, 03 Juni 2011


Wacana Miring Terhadap IdBlogNetwork

Wacana Miring Terhadap IdBlogNetwork - Didirikan Agustus 2010, IdBlogNetork (IBN) makin berkembang dari hari ke hari. Perkembangan tersebut ditandai dengan jumlah publisher yang terus bertambah (terakhir sudah ada 2.000 lebih publisher) dan jumlah advertiser yang juga makin bertambah.

Seiring perkembangan tersebut, pro dan kontra juga terus bertambah dari publisher IBN. Saya selaku publisher yang tergolong sudah lama di IBN senantiasa mengikuti perkembangan ini. Ketika browsing dengan keyword "IdBlogNetwork" banyak sekali artikel-artikel dari publisher IBN yang menuliskan tentang pengalaman mereka selama menjadi publisher IBN. Ada yang menuliskan kekurangan dan ada pula yang menulis kelebihan. Ada yang mencaci dan ada yang memuji.

Yang saya khawatirkan adalah apabila kita menilai hanya dari satu sisi saja, atau bahkan membaca artikel dari salah satu pihak saja.
Sebelum membahas lebih jauh terlebih dahulu saya ingin menyampaikan bahwa tujuan saya menulis artikel ini untuk meluruskan persepsi yang saya anggap salah dari sebagian publisher IBN. Agar tidak bertanya-tanya seperti apa persepsi yang perlu diluruskan tersebut, saya akan langsung membahas satu persatu pokok permasalahan yang selalu diperdebatkan puplisher IBN.

1. Kenapa sih publisher yang diberi Job Review hanya orang tertentu saja ?

Pertanyaan ini juga pernah muncul di benak saya, tapi setelah saya mengamati dan berkomunikasi langsung dengan salah satu founder IBN maka saya temukan jawabannya.

Perlu anda ketahui bahwa IBN ini adalah media advertiser yang berbeda dengan media advertiser yang lain.
Kalau media advertiser lain mengutamakan publisher yang memilki kemampuan SEO yang baik (dilihat dari traffic dan pagerank blog) maka IBN tidak sepenuhnya membutuhkan kriteria ini (bukan berarti mengabaikan) tapi IBN lebih mengutamakan "Blogger Yang Bermoral" (Silahkan baca TOS IBN).

Blogger yang hebat bukan jaminan mempunyai moral yang baik, oleh karena itu IBN aktif dalam mengadakan pendekatan personal terhadap publishernya (terbukti dari bulan April ke Juni telah dua kali mengadakan pertemuan secara langsung dengan publisher melalui media RoadBlog dan Blogilicious).

Sekarang saya tanya apakah ada diantara pembaca yang tidak sepakat kalau idblognetwork mengutamakan moral dari blogger ?
(Kalau ada berarti anda termasuk salah satu yang kontra IBN).

Terus saya lanjut bertanya lagi, Apakah anda termasuk yang menuntut profesionalisme IBN ?

Kalau Iya, Bagiamana cara menyatukan antara moral dan profesionalisme ?
Bisakah disatukan ?

Pilih mana antara Profesionalisme dan Moral ?

Kalau anda bingung kemana maksud, arah dan tujuan pertanyaan saya tersebut, saya akan beri gambaran dimana antara moral dan profesionalisme selalu bertentangan.
  1. Artis yang berakting sekalipun sudah berkeluarga harus rela melakukan adegan yang pasti sudah bertentangan dengan moral. (alasan profesionalisme).
  2. SPG harus mengenakan Rok yang (Terus terang saya sebagai lelaki senang memandangnya) tapi apakah ini sesuai moral ? (Katanya sih ini demi profesionalisme)
  3. Pakain atlet yang..................??? (pokoknya profesionalisme selalu menjadi senjata iblis untuk melumpuhkan moral kita).
  4. Dan banyak sekali profesionalisme yang selalu berbenturan dengan moral.
Lalu apa kaitannya dengan IBN ?

Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, kalau anda cermat pasti sudah bisa menarik kesimpulan.
Saya tidak bilang IBN mengabaikan profesionalime, karena menurut saya siapa yang bermoral sudah pasti profesioanl sedangkan siapa yang mengaku profesioanl belum tentu bermoral. Karena IBN mengutamakan moral maka sudah pasti profesional.

Persepsi yang mengatakan bahwa "yang diberi Job Review hanya orang tertentu saja" juga perlu kita kaji bersama kebenarannya dan kalau pun memang benar alasannya apa ?

Pada saat pertama kali saya bergabung, boleh dikatakan IBN tidak mengenal siapapun membernya.
Pertama kali IBN memberikan Job Review lebih diutamakan pada blog yang memiliki konten berkaitan dengan Job Review tersebut.
Tapi saya lihat dan saksikan sendiri ada beberapa blogger yang tidak menyelesaikan Job sesuai jadwal yang ditentukan. Akhirnya IBN memberlakukan system cadangan.
Karena kejadian ini IBN lebih mengutamakan Blogger yang aktif di wall facebook menyapa satu sama lain ketimbang blogger yang sibuk dengan urusannya sendiri.
Kebijakan IBN ini lalu menimbulkan persepsi miring yang mengatakan "Orang yang diberi Job Review hanya PENJILAT" Lho ???? (# Elus Dada)

Seiring perkembangannya ternyata banyak juga blogger yang diberi kesempatan mengerjakan Job Rivew tapi ternyata tidak mengerjakan dengan baik bahkan waktu itu saya ingat persis ada yang menggunakan content copas di jobnya (wahhhh....!!!).
Selain itu banyak yang tidak mematuhi TOS seperti memasang floating diatas job, memasang iklan lain dengan konten dewasa dan lain-lain.

Dengan pengalaman IBN ini, maka mereka lebih tau mana member yang memang layak mendapatkan JOB dan mana yang tidak.
Kalaupun ada yang kelihatan menonjol itu karena mereka memang mempunyai keunggulan yang lebih dan memang publisher tersebut memberi kontribusi terhadap IBN yang tidak anda ketahui (Bukan karena mereka itu penjilat).

Oleh karena itu untuk blogger yang merasa jarang atau bahkan tidak pernah mendapatkan JOB silahkan tingkatkan kwalitas blog anda.
Toh kalau blog anda berkwalitas IBN juga tidak melarang kita untuk menggunakan media advertiser lain.

2. Kenapa blog saya jarang atau tidak mendapatkan iklan ?

Persolan yang kedua ini juga banyak dipertanyakan oleh publisher IBN. Melalui artikel ini saya ingin mencoba meluruskan dan ini hanya pendapatpribadi saya sebagai pihak publihser bukan pihak admin. Jadi kalau ada pendapat saya yang tidak sesuai mohon diluruskan.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa blog kita tidak/belum mendapatkan iklan.
Salah satunya adalah pemilihan segmentasi blog kita tidak sesuai dengan target advertiser.
Segementasi tersebut kita pilih sendiri pada saat mendaftarkan blog ke IBN yang terbagi atas 3 segmentasi (Silahkan Login Untuk Mengecek Kembali Segmentasi Yang Anda Pilih).
Dan untuk kebanyakan faktor adalah blog kita melanggar TOS IBN, pelanggran TOS ini ada banyak sekali jenisnya, pelanggaran TOS ini umumnya adalah kreativitas negatif dari para blogger.
Kalau anda merasa blog anda tidak melanggar TOS silahkan kirim email ke support@idblognetwork.com
Tulis URL blog dengan lengkap dan tanyakan kenapa blog anda belum mendapatkan iklan. Kalau reply nya lambat harap sabar dan aktiflah di wall IBN.

Untuk kasus ini saya punya sedikit saran untuk IBN yaitu agar blogger yang melanggar TOS dan sudah diperingatkan beberapa kali hendaknya di coret saja dari IBN.
Soalnya kalau tidak, publisher tersebut hanya menimbulkan provokasi buat publisher lain.

3. Kenapa sangat sulit diterima bergabung di IBN ?


Ini bukan pertanyaan publisher tapi pertanyaan calon publisher, Untuk masalah ini sudah diberikan solusinya oleh IBN yakni blogger yang ingin bergabung dan diterima dengan cepat harus mempunyai 2 orang perekomendasi. 2 orang perekomendasi tersebut harus dari publisher senior IBN (publisher yang lebih dahulu bergabung).
Dengan fitur REKO ini insya Allah blog anda dapat diterima dengan cepat di IBN.

Itulah 3 buah pertanyaan yang sering keluar dari publisher atau calon publihser IBN yang sebagian menjadi wacana miring (menurut saya).
Mudah-mudahan apa yang saya tuliskan dapat memberi solusi bagi sesama publisher IBN lain.
Untuk idblognetwork mohon maaf apabila diantara pendapat saya ada yang tidak sesuai atau salah.

Salam : Tenri Ewa

23 komentar:

ardy on 3 Juni 2011 03.24 mengatakan...

wah analisis yg bagus mas, sependapat sama mas bro :)

Blogger Sragen on 3 Juni 2011 03.33 mengatakan...

Akhirnya menulis juga tentang "Penjilat" :D ... yes :))

Ciungtips.blogspot.com on 3 Juni 2011 03.43 mengatakan...

Bung yang pertama ngajak saya ke IBN,dan bersyukur,... Akhir-akhir ini memang sedikit ad pertanyaan dan artikel ini menjawab nya.. :) intinya memng harus always positive think,liat diri sendiri sebelum melihat orang lain

Sanjaya Yasin on 3 Juni 2011 04.16 mengatakan...

bLOGGER SRAGEN >> akhirnya saya ngerti tentang penjilat ITU ... (LUAR BIASA YA???) :D..YES :))

Daeng Tenri # Thanks for share. disini saya ingin menambahkan Untuk Point ketiga Yaitu Calon Publiser. Masih banyak calon publisher yang tidak benar2 mempelajari IBN sesungguhnya.

Maksudnya pada saat mendaftar IBN, mereka hanya melakukan aktifitas REGISTER saja, tanpa mempelajari apa yang ada pada web IBN tersendiri, jadi Calon publisher merasa kebingungan untuk melakukan aktifitas selanjutnya.

Coba pelajari baik2 apa yang ada di web IBN demi kenyamanan anda sebagai Calon Publisher. :D

elang mengatakan...

Salamekuuuuuuummm.....ngomongin apa ci.....

Gaptek on 3 Juni 2011 04.45 mengatakan...

Mantep Om Tenri :) jadi teringat lagi di diskusi dulu , kalo gak salah teman satu kampusku yang juga member Ibn membuat thread yang judulnya juga wacana miring, lumayan heboh juga waktu itu lalu mba rika hadir menjelaskan dan semua clear.

Menurutku simple aja, ada yang kontra itu mungkin gara2 mereka awal2 kenal dengan ibn alias masih baru atau juga termasuk yang lama gabung namun minim hasil. he

Kalau sudah lama atau Alhamdulillah bisa ketemu secara langsung dengan Founder IBN semua rasa kontra itu akan sirna :)

Kalo aku simple juga menganalogikan IBN dengan acara Bukan 4mata.

Kita lihat bintang tamu di empat mata,
bintang tamunya kan hampir semua artis. lalu tidak mungkin kan semua artis bisa tampil di acara empat mata, semua ada jadwalnya dan juga tergantung dari prestasi si bintang tamu. atau juga mereka menghadirkan bintang tamu yang sesuai dengan tema yang lagi ada di bukan empat mata .

Misalnya malam tadi yang mengambil tema "musik mix" alias CAMPUR SARI.
bintang tamunya ada : Inul,didi kempot, nunung nah mereka dinilai sesuai dengan konsep\ tema malam itu.

Lalu ada satu lagi bintang tamunya artis junior kalo gak salah namanya Kirana larasati,
nah walau bukan yang berkompeten di CAmpur sari tapi dia juga diikutkan jadi bintang tamu karena menurutnya dia, dia suka nyanyi lagu jawa .
Nah yang lain juga punya kesempatan juga ternyata.

Sama halnya dengan IBN

Nah begitu deh pemikiran GAPTEKku,, ,xixixi

GO IBN

priagoenks on 3 Juni 2011 05.00 mengatakan...

mungkin artikel ini bisa di share forum diskusi atau wall IBN. kan ada tuh daeng yang nanya.

padepu betul artikelnya. mantaaaappp

coyac on 3 Juni 2011 05.14 mengatakan...

gan, ane salud same agan.... sukses ya gan...

Tongkonanku on 3 Juni 2011 05.25 mengatakan...

Memuaskan semua orang, memang pekerjaan yg paling sulit. Semakin tinggi pohon, semakin kuat pula angin yg akan menerpa. So, maju terus IBN. :)

Tenri Ewa on 3 Juni 2011 05.27 mengatakan...

Terim kasih atas komentar sobat semuanya :D tidak bisa kasih tanggapan satu-satu tp kelihatan banget keseriusannya terutama komentarnya yg panjangnya hampir sama dengan artikel saya :))

Mugniar on 3 Juni 2011 05.44 mengatakan...

Salam kenal ...
Setuju dengan 4 jempol ... !
Saya anggota baru di IBN. Alhamdulillah tidak sulit2 amat bergabung, hanya butuh waktu 2 hari setelah mendapat rekomendasi dari 2 blogger senior yang berdedikasi tinggi (thd dunia tulis menulis) di IBN. Saya mengenal salah seorang yg merekomendasi saya (pak Amril Taufik Gobel) tapi yg seorangnya lagi tidak (pak Jonru Ginting, founder Sekolah Menulis di Jakarta, saya hanya 'mengenalnya' dari internet )namun saya berani 'maju' karena yakin konten blog saya orisinil. Alhamdulillah setelah melalui beberapa persyaratan yang diajukan, beliau merekomendasi saya.

Simpel saja .. IBN sudah punya aturan main dan mematuhi aturan main yg dibuatnya. Kalau ada yg belum kebagian job berarti belum memenuhi aturan main yang ada. Masa harus 'diabsen' dikasih semuanya? Kan tetap hrs dijalankan sesuai aturan main. Agar pengiklan juga yakin IBN media yang tepat bagi mereka.

Memang sulit. Tidak mungkin 'memuaskan' semua orang yang bernaung dlm suatu organisasi.

tukang komen on 3 Juni 2011 05.53 mengatakan...

btol kang saya setuju bnget dengan akang ini, blog saya gak bermoral makanya gak dapat iklan hehe tapi piss aja lah .

Pejantan Tanggung on 3 Juni 2011 06.50 mengatakan...

Saya gabung di IBN kurang lebih 2 bulan, dalam rentan waktu itu saya sudah 2 kali dapat job review, dan 3 buah iklan PPC. Blog saya usianya baru 2 bulan juga lohh.

Rahasianya?

Tentu saja KONTEN. tulislah konten yang berkualitas, no sara, no porn, no copas.
IBN tidak mengutamakan trafik kok, saya buktinya.

IBN sangat kekeluargaan!!!
Apapun masalahnya, silahkan kirim email atau wall langsung ke fb. PASTI dijawab.

kalo kalian belum pernah dapat job review, ato campaign iklan, silahkan koreksi blog anda. Sy yakin, jika blog anda orginal, dan niche nya sesuai dengan yang dibutuhkan advertiser, pasti blog anda terpilih.

Salam kenal OM tenri
Mohon maaf tempo hari waktu Mba rika berkunjung ke rumah OM, saya tidak bisa ikut.

nurfaisyah on 3 Juni 2011 07.09 mengatakan...

kebetulan baru sejam yang lalu Saya sempat forumwalking di akun facebook IdBlogNetwork dan menemukan banyak anggapan miring tentang IBN itu sendiri.
Secara pribadi Saya ingin berterima kasih kepada karena Blog ini Tenri Ewa a.k.a Basri Tamang karena telah membantu men-clear-kan apa yang ada di dalam benak Saya.
Selain itu, terima kasih pula kepada mbak Mubarika yang telah meng-share postingan ini di wallnya.

iskandaria on 3 Juni 2011 08.24 mengatakan...

Saya mungkin yang termasuk agak kaget ketika menerima Job Review Carissa Putri di blog kafegue.com saya (yang notabene bukan bertema artis atau hiburan). Padahal saya punya blog lain yang temanya sangat sesuai job tersebut. Blog lain saya itu bertema utama hiburan (seputar dunia artis, musik, tv, dan film). Cuma masalahnya, blog lain saya tersebut (yaitu kafe28.blogspot.com) belum saya daftarkan ketika job Carissa Putri saya terima.

Akhirnya saya publish saja artikel review Carissa Putri tersebut di blog utama saya yang bukan bertema hiburan/artis. Nyatanya saya tetap dibayar.

Mungkin kurang nyambung ya dengan tulisan di atas :)

Tapi pada intinya, setahu saya advertiser-lah yang memilih blog/publisher yang akan dijadikan media kampanye produk mereka. Sejauh ini saya baru satu kali menerima job review. Berhubung banyak sekali topik review yang memang tidak saya kuasai (karena produknya memang tidak saya gunakan).

Untuk kondisi begitu, saya malah nggak kaget jika ternyata saya nggak kepilih. Wong produknya aja saya nggak pakai, gimana saya bisa menulis reviewnya?

Kecuali ketika job review tentang Telkomsel Flash yang tidak saya terima, padahal saya adalah pengguna setia Flash sejak lebih dari setahun ini. Saya malah pernah beberapa kali nulis pengalaman menggunakan Telkomsel Flash di blog saya (sebelum gabung di IBN). Dari pengalaman yang sangat memuaskan hingga kurang memuaskan.

Tenri Ewa on 3 Juni 2011 15.29 mengatakan...

Mas Iskandaria, Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar di blog abal-abal ini.
Pertama saya pertegas kalau artikel diatas hanya sebatas opini saya sebagai member (bukan admin IBN)

Diatas saya tulis seperti ini :

Pada saat pertama kali saya bergabung, boleh dikatakan IBN tidak mengenal siapapun membernya.
Pertama kali IBN memberikan Job Review lebih diutamakan pada blog yang memiliki konten berkaitan dengan Job Review tersebut.
Tapi saya lihat dan saksikan sendiri ada beberapa blogger yang tidak menyelesaikan Job sesuai jadwal yang ditentukan. Akhirnya IBN memberlakukan system cadangan.
Karena kejadian ini IBN lebih mengutamakan Blogger yang aktif di wall facebook menyapa satu sama lain ketimbang blogger yang sibuk dengan urusannya sendiri.
Kebijakan IBN ini lalu menimbulkan persepsi miring yang mengatakan "Orang yang diberi Job Review hanya PENJILAT" Lho ???? (# Elus Dada)

Seiring perkembangannya ternyata banyak juga blogger yang diberi kesempatan mengerjakan Job Rivew tapi ternyata tidak mengerjakan dengan baik bahkan waktu itu saya ingat persis ada yang menggunakan content copas di jobnya (wahhhh....!!!).
Selain itu banyak yang tidak mematuhi TOS seperti memasang floating diatas job, memasang iklan lain dengan konten dewasa dan lain-lain.

Dengan pengalaman IBN ini, maka mereka lebih tau mana member yang memang layak mendapatkan JOB dan mana yang tidak.


Maksud tulisan saya adalah PADA AWALNYA IBN MENGUTAMAKAN BLOG YANG MENGERJAKAN REVIEW HARUS SESUAI DENGAN KONTEN.

Namun pada perkembangannya IBN juga melihat bloggernya (orangnya) bukan semata-mata blognya .
Jadi kalau ada yang mendapatkan job yang tidak sesuai tema blognya itu karena yang dilihat adalah pemilik blogya.

Dan kalau poemilik blog keberatan silahkan kirim email untuk mengatakan ketidak setujuannya.

Kira-kira begitulah pendapat saya Mas Iskandar

DudiOke on 3 Juni 2011 17.31 mengatakan...

Akhirnya berkunjung kesini juga setelah sekian lama.. hehe.
Masukan bagus tentang profesionalism + moral yang sebaiknya kedua belah pihak (IBN dan publisher) saling melaksanakannya.

aingindra on 4 Juni 2011 00.13 mengatakan...

cuma bisa bilang 3 huruf untuk tulisan ini .....TOP....

Kang Salman on 4 Juni 2011 09.00 mengatakan...

Oh begitu ya.. sudah 1 bulan 1 minggu saya menanti datangnya iklan CPC tp alhamdulillah terobati

Idblognetwork Pilar Blogger on 16 Juni 2011 20.07 mengatakan...

Semakin lama tentu akan semakin banyak blogger yang bergabung di IBN mungkin suatu saat nanti semua blogger Indonesia akan bergabung dengan IBN, Dan semakin banyak Publisher tentu akan semakin banyak tantangan. Semoga Ibn memiliki PIlAr yang kuat, dan salah satu Pilar terpenting IBN sendiri itu ialah Blogger yang menjadi Publishernya.

Semoga kita (Blogger) dan IBN tetap saling menjalin hubungan yang kuat :)

Cara tes IQ on 9 April 2014 03.43 mengatakan...

pingin juga gabung bareng IBN tapi gak tau minta ama siapa rekonya .. hahaha..

Belajar ngeblog on 9 April 2014 04.27 mengatakan...

Infonya sip banget ganz, blogwalking lagi nie... salam kenal dari blog:
Belajar psikotest, Belajar blog dan SEO, dan Cara membuat obat herbal alami .

akifa naila on 10 Oktober 2014 01.56 mengatakan...

Tipsnya oke banget gan. Mampir juga ke Soal Psikotes dan Jawabannya, Perumahan Baru di Tanggerang, Tutorial Komputer, Jasa Backlink Murah

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus