Rabu, 20 Juli 2011


Mamfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Mamfaat Kunyit Untuk Kesehatan - Tanaman kunyit untuk orang Indonesia bukanlah tanama langka. Tanaman ini dapat ditemukan dimana-mana, di daerah pedesaan atau perkotaan, Kalau di kota tentu saja nyarinya di pasar :D :D :D
Walaupun semua sudah taua tentang kunyoit ini ada baiknya kita membahas Sekilas tentang Kunyit sebelum kita membahas Mamfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Sekilas tentang Kunyit
Kunyit merupakan tanaman rempah dan obat yang berasal asli dari Asia, khususnya Asia Tenggara. Saat ini sudah mengalami persebaran hingga ke Australia dan Afrika. Kunyit banyak digunakan untuk memberikan warna kuning pada masakan khususnya di daerah Asia Selatan. Selain itu, di kalangan masyarakat Melayu dan India digunakan untuk mempercantik kulit dan sebagai obat pembersih badan.

Nama-nama lain kunyit di berbagai belahan dunia

Amomoum curcuma, anlatone (constituent), ar-tumerone, CUR, Curcuma , Curcuma aromatica , Curcuma aromatica salisbury, Curcuma domestica , Curcuma domestica valet, Curcuma longa , Curcuma longa Linn, Curcuma longa rhizoma, curcuma oil, curcumin, diferuloylmethane, E zhu, Gelbwurzel, gurkemeje, haldi, Haridra, Indian saffron, Indian yellow root, jiang huang, kunir, kunyit, Kurkumawurzelstock, kyoo, NT, number ten, Olena, radix zedoaria longa, rhizome de curcuma, safran des Indes, sesquiterpenoids, shati, tumeric, turmeric oil, turmeric root, tumerone (constituent), Ukon, yellowroot, zedoary, Zingiberaceae (family), zingiberene, Zitterwurzel.

Sifat Kimiawi Kunyit
Tumbuhan yang satu ini memang sudah dikenal mengandung banyak bahan kimia yang bermanfaat sebagai obat, yaitu kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, destoksikumin, dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat bermanfaat lainnya.

Kandungan kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10%
Kandungan demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H1 - 5%
Kandungan bisdemetoksikurkumin ; R1 = R2 = H

Mamfaat Kunyit Untuk Kesehatan - Kandungan lainnya adalah : minyak atsiri/volatil oil (keton sesquiterpen, tumeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil), lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, Vitamin C 45-55%, garam mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium).

Efek Farmakologis
Tanaman ini memiliki rasa pahit (kecuali pada daging buah manis), netral, anti diare, anti piretik, dapat merangsang kelenjar-kelenjar, dan anti diabetes.

Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan
Dengan kandungan berbagai senyawa yang berkhasiat, kunyit berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit diantaranya :
- Mencegah pembekuan darah
- kurkumin yang terkandung dalam kunyit, berdasarkan penelitian di luar negeri (masih berlanjut juga) dapat digunakan sebagai anti kanker (kulit, payudara).
- kurkumin juga dapat berfungsi sebagai anti oksidan
- Mengatasi gangguan pencernaan (mulas)
- Menurunkan kadar kolesterol
- diabetes militus
- tifus
- keputihan
- Demam
- Eksim
- Terlambat Haid
- Memperlancar ASI
- Amandel
- Cangkrang
- Berak lendir
- Menurunkan tekanan darah
- Radang gusi
- radang rahim

Contoh Cara Pemakaian
  • Perut kembung, mual, nyeri
Ambil kunyit segar kira-kira 50 gr, lalu bersihkan dan parut. Tambahkan 3 sendok air, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, peras dan saring. Minum untuk 3 kali.
  • Keputihan
Ambil kunyit sebesar ibu jari yang cukup tua, kupas dan parut. Lalu tambahkan 3/4 cangkir larutan air asam dan gula jawa, aduk hingga merata. Kemudian peras dengan menggunakan sepotong kain, lalu minum. Lakukan hal ini tiap hari.
  • Tekanan darah tinggi
Ambil kunyit sebesar 1/2 jari, lalu parut, tambahkan 1 sendok makan madu, peras dan kemudian minum. Lakukan sehari 2 sampai 3 kali.
  • Amandel
Ambil kunyit sebesar 1/2 jari, parut, lalu tambahkan 2 sendok air. Aduk hingga merata, lalu peras. Tambahkan 1 butir kuning telur ayam dan air kapur sirih pada air perasan tersebut. Kocok dan minum. Lakukan hal tersebut 1-2 kali sehari.
  • Demam
Ambil kunyit segar kira-kira 20 gr. Parut lalu tambahkan 1/2 gelas air matang, dan aduk hingga merata. Lalu peras dengan sepotong kain. Minum dan lakukan 2 kali sehari.
  • Terlambat Haid
Ambil rimpang kunyit dan daun sri gading masing-masing 15 gr, biji pala dan kapulaga 10 gr, ketumbar, jinten hitam dan cengkeh masing-masing 5 gr, dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Lalu saring, dan bagi untuk 3 kali minum.
  • Radang Gusi
Ambil 1/2 jari kunyit lalu dicuci dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air dan 3 potong gambir. Rebus hingga tersisa kira-kira 1 gelas. Gunakan untuk kumur2. Lakukan 3-4 kali sehari.
  • Diabetes militus
Ambil 3 rimpang kunyit, tambahkan 1/2 sendok teh garam. Rebus dengan 1 liter air hingga mendidih, lalu saring. Minum 2 kali seminggu 1/2 gelas
  • Tifus
Ambil 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, dan 1 lembar daun sambiloto. Tumbuk semuanya hingga halus. Lalu tambahkan 1 gelas air masak yang masih hangat dan saring. Minum dan lakukan tiap hari selama 1 minggu.

Efek Samping dan Alergi
Reaksi alergi terhadap kunyit mungkin saja terjadi, jadi hendaknya digunakan secara hati-hati.

Sedangkan efek samping yang mungkin terjadi adalah penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan rasa panas di perut dan melemahkan kekebalan tubuh.

Referensi :
1. Medline plus Herbs and suplements
2. wikipedia
3. sentra informasi



4 komentar:

Riyanto on 20 Juli 2011 05.09 mengatakan...

Banyak juga ya manfaat kunyit.

Basri Tamang on 20 Juli 2011 06.43 mengatakan...

Iya lumayan banyak mas Riyanto.....

Beta on 13 Agustus 2011 07.19 mengatakan...

Kunyit bisa untuk diabetes ya, makasih tipsnya.

Arrojaa on 5 Mei 2012 03.57 mengatakan...

menarik ini kunyit bisa menurunkan darah tinggi, makasih infonya.

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus