Selasa, 23 Agustus 2011


Cara Memaksimalkan Kinerja Ponsel Blackberry

Cara Memaksimalkan Kinerja Ponsel Blackberry - Sebagaimana komputer, Ponsel seperti BlackBerry juga kadang mengalami error atau hang. Terjadinya hang biasanya disebabkan oleh terbatasnya kapasitas ruang peyimpanan data ata RAM yang ada.
Bagi anda pengguna BlackBerry yang menemukan terjadinya hang pada handphone kalian.
Berikut ada tips dan trik jitu meningkatkan performa BlackBerry bagi kalian yang mengalami masalah serupa.

Hapus aplikasi yang jarang digunakan
Pengguna BlackBerry sering kali menginstall aplikasi dari Appworld dan hanya menggunakannya beberapa kali. Selain itu ada juga aplikasi bawaan dari BlackBerry yang menurut saya tidak menarik yaitu aplikasi Help, karena biasanya pengguna BlackBerry lebih mengandalkan internet untuk memecahkan masalahnya. Aplikasi-aplikasi inilah yang memakan ruang pada memori penyimpanan yang sudah dialokasikan untuk aplikasi.

Untuk menghapus aplikasi kalian bisa mengakses Settings>Options>Aplications. Kalian bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kalian hapus. Kalian juga dapat menghapus dengan menekan tombol logo BlackBerry kemudian pilih delete ketika berada di menu tampilan utama.
Untuk menghapus aplikasi bawaan seperti help atau game bisa dilakukan dengan mengubah pilihan third party menjadi add-on.

Hapus appointment lampau dari kalender
Kalian bisa memanfaatkan fitur kalender yang dapat menghapus appointment secara otomatis dengan menekan tombol menu saat berada dalam menu Calendar pilih Options>General Options> lalu ubah pilihan “Keep Appointment” menjadi yang paling rendah 15 hari.

Hapus pesan yang sudah lama.
Kalian dapat menghapusnya dengan menyortirnya langsung dari daftar pesan atau mengaktifkan fitur penghapus pesan yang lama secara otomatis. Caranya dalam menu pesan tekan tombol menu>Options>General Options dan ubah pilihan “Days To Keep Messages” menjadi 15 hari.

Hapus video sampel bawaan
Kalian bisa langsung menghapus dari media>videos dan tinggal menghapus video sampel tersebut.

Hapus Cache dan Cookies pada browser
Hal yang satu ini sangat berguna untuk meningkatkan daya kecepatan browser bawaan BlackBerry apabila kalian merasa performanya melambat.

Untuk menghapusnya kalian dapat membuka browser, tekan tombol menu>Options>Cache Operations. Kalian dapat menghapus Content Cache, Pushed Content, dan Coockie Cache dengan menekan tombol clear. Kalian juga bisa menghapus browser history pada menu ini.

Bersihkan Memori dari penggunaan yang tidak perlu
Pada saat kalian menjalankan suatu aplikasi, aplikasi tersebut akan menyimpan data untuk sementara (temporary) pada memori RAM. Tetapi beberapa aplikasi tidak melepaskan kembali ruang memori yang digunakan setelah aplikasi dimatikan.

Untuk mendapatkan ruang memori RAM, kalian harus membersihkannya dengan cara menjalankan fitur “memory cleaning” pada menu Settings>Options>Security Options>Advance Security Options>Memory Cleaning, kemudian tekan tombol “Clean Now”. Kalian juga bisa menjalankan fitur ini dengan cara otomatis yaitu dengan memlilih “yes” pada pilihan “clean when idle” lalu tekan interval waktunya pada pilihan “idel timeout”, saya menyarankan pilih waktu terendah.

Bersihkan Event Log
Untuk menghapus event log agar memori RAM sedikit cukup ruang bisa dilakukan dengan menekan Alt-LGLG. Tekan tombol menu dan pilih clear log.

Nah itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar BlackBerry kesayangan kalian bisa meningkat performanya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Anda tidak diperbolehkan berkomentar bersifat promosi produk yang sama dengan di artikel, Apabila anda tetap berkomentar maka komentar anda akan kami Hapus